Hotel Niagara : Hotel Tua Yang Penuh Misteri

Hotel Niagara : Hotel Tua Yang Penuh Misteri – Hotel Niagara adalah salah satu hotel tertua di Kota Malang yang menjadi salah satu tempat atau tujuan wisata yang layak disinggahi, meskipun banyak orang mengatakan bahwa hotel ini terkenal angker dan menyimpan banyak misteri di dalamnya.


hotel-niagara-lawang

Justru keangkeran dan misteri hotel Niagara ini yang menjadi daya tariknya jika kita ingin merasakan sensasi misteri yang ada di dalamnya. Seperti sensasi yang kita rasakan saat masuk ke dalam Rumah Hantu atau Rumah Setan yang ada di salah satu wahana permainan di kota anda.

Saat masuk, kita yakin bahwa yang ada di dalam wahana ini hanyalah suatu permainan dan hantu-hantu di dalamnya adalah orang-orang yang berpakaian hantu, namun saat kita berada di tengah permaianan, terkadang kita lupa jika itu hanya mainan sehingga kita larut dalam rasa ketakutan. Setelah itu kita tidak akan berani datang lagi, kapok. Tapi, suatu saat kita akan mencoba lagi.

Demikian pula dengan keangkeran Hotel Niagara, semakin angker maka akan semakin menarik hati kita untuk mencoba merasakan sensasinya. Berbeda dengan rumah hantu yang ada di wahana permainan, di Hotel Niagara ini adalah hantu beneran bukan manusia yang berpakaian hantu, jadi kita harus lebih berhati-hati. Jangan bersikap takabur dan menantang.

Konon menurut cerita yang berkembang, Hotel Niagara menyimpan banyak hantu yaitu arwah orang bunuh diri, arwah orang-orang yang dibunuh dan arwah penasaran lainnya. Bagi anda yang berjiwa petualang, pecinta misteri atau ingin merasakan sensasi misteri maka Hotel Niagara ini tempatnya.

Hotel berwarna merah muda jambu dengan total lima lantai ini sudah sangat tua. Tercatat, Niagara dibangun oleh arsitek Brasil bernama Fritz Joseph Pinedo pada tahun 1918, di Lawang, Malang. Jika demikian maka hotel Niagara sudah berusia 96 tahun. Sebuah usia yang sangat tua sehingga tak heran banyak peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalamnya.

Saya sendiri pernah merasakan bertemu dengan salah satu penghuni gaib Hotel Niagara yaitu seorang Nonik Belanda yang cantik jelita.

Ceritanya waktu itu saya mau berangkat ke Jakarta naik bus Pahala Kencana, karena rumah saya berada di Bedali, desa yang dekat dengan Lawang dan agak jauh dari tempat mangkal bus di Malang, maka saya memilih menunggu jemputan di salah satu agen bus tepat di sebelah hotel Niagara.

Saya datang lebih awal sehingga saya harus menunggu kurang lebih 1.5 jam di tempat agen penjualan tiket tersebut. Suasana di tempat itu sepi, hanya saya sendirian menunggu jemputan bus. Capek merokok saya mencoba memejamkan mata, saat mau lelap tiba-tiba ada seorang gadis duduk disebalah saya.

Saya terkejut, tapi gadis itu tersenyum ramah. Gadis itu memperkenalkan dirinya dengan nama Eva yang sedang menginap di Hotel Niagara. Setelah ngobrol kesana kemari, Eva mengajak saya mengunjungi kamarnya.

Saya menolak karena takut selisih dengan bus yang menjemput saya namun dia memaksa dengan alasan hanya sebentar saja. Akhirnya saya mengikutinya, saat saya berjalan ke arah Hotel tiba-tiba ada seorang teman yang kebetulan lewat jalan itu, menegur. Saya berhenti lalu terlibat percakapan, setelah teman saya pergi ternyata Eva sudah tidak ada lagi.

Karena sudah berjanji maka saya meneruskan langkah menuju hotel Niagara. Sampai di resepsionis saya kebingungan karena tidak tahu Eva menginap di kamar berapa dan lantai berapa sehingga saya bertanya kepada resepsionisnya.

Setelah memeriksa daftar tamu, Resepsionis menjawab, tidak ada tamu yang bernama Eva di hotel itu, saya bingung dan tidak percaya lalu saya mengatakan bahwa baru saja bertemu dengannya. Seorang security yang sudah berumur mendatangi saya, dia menanyakan ciri-ciri Eva. Setelah saya ceritakan, security tersebut tersenyum sambil berkata, “sampean baru ketemu hantu mas.”

“Masak siang-siang begini ada hantu?” Tanya saya.

“Berarti sampean punya bakat ketemu hantu atau punya indera keenam.” Jawab security tersebut, sementara saya diam saja. Kemudian security tersebut bercerita bahwa memang ada tiga orang nonik Belanda yang tinggal di lantai tiga hotel Niagara, tapi itu hantu atau arwah penasaran.

Baca Juga : The Six Sense : Sebuah Apresiasi Film Misteri

Begitulah pengalaman saya bertemu salah satu hantu dari trio hantu cantik penghuni Hotel Niagara yang terkenal dengan julukan Three Beautiful Ghost hotel.

Sebenarnya secara arsitektur, Hotel Niagara adalah sebuah bangunan yang eksotis dan historis serta merupakan bangunan cagar budaya yang dilindungi undang-undang. Namun hotel ini justru tersohor akan banyaknya cerita hantu yang beredar di sana. Berikut ini adalah kisah-kisah hantu yang pernah dialami tamu di Hotel Niagara yang diambil dari beberapa sumber.

1. Kamar Terlarang Lantai Tiga

Sebagai bangunan cagar budaya yang dilindungi undang-undang, Hotel Niagara memang menjaga keaslian bangunan mereka. Tak heran jika beberapa turis mancanegara yang berkunjung ke Malang kerap memilih untuk menginap di Niagara. Namun pernah ada rombongan turis Belanda yang mengalami pengalaman buruk saat menginap di hotel yang di mancanegara itu dikenal dengan nama Three Beautiful Ghost hotel.

Seorang pemandu wisata menuturkan kisah ini. Saat itu rombongan turis Belanda memilih menginap di Niagara karena bangunan kuno. Mereka berencana menginap selama lima hari di lantai tiga, tapi hanya bertahan selama dua hari. Saat itu di lorong lantai tiga memang ada sebuah kamar yang sengaja tak dibuka untuk umum.

Di salah satu malam, seorang turis melintasi kamar yang sengaja tak disewakan itu dan mendengar suara tawa di dalam kamar tersebut. Penasaran sang turis mendekatkan telinga ke pintu kamar lalu tiba-tiba suara itu hilang. Dan sekelebat bayangan tiga orang noni Belanda berwajah kuno melintas di dekatnya. Malam kedua, turis itu melihat tiga noni Belanda berwajah pucat melintas di depan kamarnya dan duduk di sudut kamarnya.

2. Kamar Untuk Hantu

Penasaran akan kisah misterius yang ada di Hotel Niagara membuat dua orang saudari iseng menginap di sana. Ketika memasuki halaman hotel, mereka melihat banyak sekali sprei putih yang dijemur. Lalu saat hendak memesan sebuah kamar, resepsionis berkata jika semua kamar penuh dan hanya menyisakan satu kamar.

Anehnya, selama berjalan menuju kamar yang mereka pesan, mereka menyadari fakta bahwa tak ada satupun orang yang menginap di hotel itu dan seluruh kamar kosong. Dugaan pun muncul bahwa memang ada hari-hari khusus di mana manajemen hotel Niagara memilih mengosongkan kamar dan menyewakannya kepada sosok yang kasat mata. 

3. Makam di Lantai Bawah

Hotel Niagara pada masanya pernah menjadi bangunan paling tinggi di Asia. Sudah berusia hampir 100 tahun, Niagara telah melewati banyak sekali masa sejarah di negeri ini. Tak heran pula Niagara menjadi bukti diam akan berbagai kejadian, termasuk kejadian menyedihkan.

Konon katanya saat masa penjajahan dulu, hotel Niagara yang didiami oleh sekelompok orang Belanda menjadi lokasi pembantaian. Lantai tiga dipercaya menjadi lokasi terbunuhnya tiga orang noni Belanda yang akhirnya menjadi sosok hantu di sana. Sementara itu Niagara memiliki sebuah ruang bawah tanah alias bunker yang menyimpan mayat-mayat sehingga membuat bangunan ini selalu diliputi aura mistis.

4. Ketukan Misteri di Malam Hari

Kisah ini dialami oleh seorang pria pada tahun 2008. Saat itu dia sedang berlibur ke Malang usai Lebaran. Karena kelelahan, mereka memilih untuk menginap di hotel Niagara dan apa yang mereka dapatkan justru keanehan. Pertama adalah saat masuk ke parkiran suasana yang muncul begitu sunyi senyap dan hanya ada dua mobil saja.

Suasana mistis justru semakin muncul saat sudah di kamar hotel. Saat dini hari, suasana hotel Niagara menjadi sepi dan seluruh keluarga pria ini tertidur. Lalu tiba-tiba ada suara ketukan di pintu kamar. Penasaran pria ini keluar dan melihat tidak ada siapapun di lorong yang remang itu. Saat pintu ditutup, ketukan kembali terdengar. Kesal, pria ini membuka sedikit pintu kamarnya. , ternyata suara ketukan itu muncul dari pintu yang sedikit terbuka tanpa ada sosok di depannya.

5. Gadis Gantung Diri di Jendela

Kisah mengenai keangkeran hotel Niagara memang simpang siur. Lepas dari itu semua, Niagara memiliki arsitektur kuno yang sangat bagus. Namun beberapa warga sekitar justru merasa cukup takut dengan kondisi itu dan bersaksi pernah melihat sosok aneh di jendela salah satu kamar di lantai empat yang tidak berpenghuni.

Konon katanya ada seorang wanita Belanda yang pernah gantung diri di kamar lantai empat itu. Wanita Belanda itu gantung diri karena cemburu melihat suaminya dengan wanita lain. Semenjak kejadian itu, Niagara sempat menghentikan operasional di lantai empat. Namun beberapa orang yang melintas sering melihat sosok wanita dengan wajah mengerikan tergantung dan terlihat di jendela kamar kosong itu.

6. Tangisan Bayi di Kamar Mandi

Sebagai hotel dengan tarif yang murah meriah, hotel Niagara memang menjadi favorit para backpacker yang ke Malang. Bahkan kamar paling mewah di Niagara hanya dipatok Rp 90 – 150 ribu rupiah permalam, sungguh nilai yang cukup murah. Namun ada satu mitos yang dipercaya oleh mereka yang pernah menginap di sini.

Diceritakan bahwa jika kamu suatu hari menginap di Niagara, jangan ke kamar mandi saat lewat pukul dua malam. Beberapa orang sempat mengaku mendengar tangisan bayi di sana. Sekalipun kamu mendengar tangisan bayi, jangan berani-berani mendekati kamar mandi. Konon katanya kalau kamu berani ke kamar mandi, kamu akan melihat sosok hantu bayi dengan wajah mengerikan yang menatapmu kosong.

7. Gadis Cantik di Atap

Kalau berkunjung ke Niagara, jangan lupa untuk naik ke bagian atap hotel kuno ini. Untuk mencapai bagian atas gedung, kamu bisa menaiki tangga setinggi 4-5 meter. Nantinya sampai di atap gedung ada sebuah meja bulat yang terbuat dari batu cor kokoh. Di malam hari tempat ini menawarkan pemandangan luar biasa indahnya.

Pemandangan itu adalah di sebelah barat terlihat gunung Semeru dan sebelah kiri gunung Arjuna yang sangat indah. Namun, jangan sendirian di atas atap saat malam terlalu larut. Pernah ada seorang pria yang iseng karena tak bisa tidur, dia melihat seorang wanita cantik di atap ini. Namun saat didekati wajah wanita cantik itu perlahan berganti menjadi wanita tua mengerikan. Saking kagetnya, pria itu dikabarkan sempat diam tanpa ekspresi selama beberapa hari lamanya dan enggan berkunjung lagi ke hotel Niagara.

Demikian ulasan tentang Hotel Niagara Malang yang menyimpan banyak misteri. Namun anda jangan percaya begitu saja dengan cerita-cerita ini, lebih baik anda merasakan sendiri dan melihat sendiri hantu-hantu dan keanehan lainnya dengan cara menginap di Hotel ini. 

Pengalaman menarik memang ada resikonya, tapi kalo kita tidak pernah mencoba maka semua cerita di atas hanyalah isapan jempol belaka.

Tidak ada komentar