Apresiasi Film, Percy Jackson and The Olympians : The Lightning Thief

Percy Jackson and The Olympians : The Lightning Thief merupakan film yang diadaptasi dari novel fantasy karya Rick Riordan ini ditayangkan pada tahun 2010. Film tentang mitologi Yunani ini mengingatkan dan membangkitkan imajinasi saya tentang sosok Ken Arok, leluhur kita yang kala itu masih beragama Hindu. Konon, menurut kepercayaan, Ken Arok adalah anak dari salah satu Dewa yaitu Dewa Brahma.
Apresiasi Film, Percy Jackson and The Olympians : The Lightning Thief


Seperti dalam mitologi Yunani, dalam mitologi Jawa yang masih beragama Hindu juga terdapat Dewa-dewa, yang tertinggi adalah Dewa dengan sebutan Trimurti yaitu Brahma, Wisnu dan Siwa.

Jika Percy Jackson adalah anak Dewa Laut yaitu Poseidon maka Ken Arok adalah anak Dewa Brahma sang Dewa Penciptaan. Meskipun berbeda masa, cerita dan karakternya namun mereka adalah sama-sama anak Dewa atau Demigod.

Sebagai anak dewa, mereka berdua terbuang dan dikucilkan dalam kehidupan masyarakat karena tidak memiliki seorang bapak seperti manusia pada umumnya sehingga dalam perkembangan kepribadiannya cenderung menyimpang dan berbeda dari anak lain.

Anda dapat membaca kisah Ken Arok dalam artikel yang berjudul Ken Arok : Pendiri Kerajaan Singasari Yang Penuh Misteri, sedangkan kisah Percy Jackson dapat anda ikuti pada ulasan berikut ini.

Sinopsis


Kisah dimulai dengan kemunculan Poseidon sang Dewa Laut untuk menemui Zeus, raja para dewa. Zeus menceritakan jika salah satu senjatanya hilang, yaitu petir, dan jika bukan Dewa, yang bisa mencurinya hanyalah anak keturunan salah satu Dewa. Zeus menuduh anak Poseidon yang mengambilnya dan mengancam jika tidak dikembalikan pada waktu yang ditentukan, maka akan terjadi perang antar dewa.

Apresiasi Film, Percy Jackson and The Olympians : The Lightning Thief



Kemudian kisah bergulir dalam kehidupan Percy Jackson yang beum mengetahui bahwa dirinya adalah anak Poseidon.

Percy Jackson adalah seorang bocah bermasalah yang bersekolah di Akademi Yancy. Dia mengidap Disleksia dan ADHD. Hidup Percy memang sudah aneh sejak kecil, tapi ternyata saat kelasnya mengunjungi sebuah museum, misteri tentang jati dirinya mulai terkuak.

Diawali dengan pertemuannya dengan Ms. Dodds, Guru bahasanya, yang ternyata adalah jelmaan Fury yang meminta petir kepadanya, kemudian guru sejarahnya Mr. Brunner yang ternyata adalah Centaurus, sedangkan teman baiknya Grover adalah seorang Satyr dan bagian terbaiknya Percy adalah seorang Demigod alias anak Dewa.

Tapi hidup Percy bukannya berjalan mulus, malah makin dipersulit. Pertama dia dituduh mencuri Petir milik Zeus, kemudian dia harus mengembalikannya sebelum titik balik matahari. Ibunya diculik Hades dan diancam dibunuh kecuali dia membawakan Petir Zeus. Dibantu Grover dan teman barunya dari Camp Half-God, Annabeth, Percy bertualang mencari Petir yang hilang, Petir yang bahkan tidak dia ketahui bentuknya, sebelum para Dewa mengamuk dan dunia terancam.

Kisah berakhir dengan happy ending, Percy Jakson berhasil mengembalikan petir pada detik-detik terakhir batas waktu yang ditetapkan Zeus. Sehingga para dewa tidak jadi berperang dan Percy Jackson dapat bertemu dengan ayahnya, Poseidon dan mengembalikan ibunya ke dunia.

Dewa-dewa Yunani

Dalam mitologi Yunani adalah dewa-dewi utama Yunani yang tinggal di puncak Gunung Olimpus. Ada sekitar 17 dewa-dewi yang dianggap 12 Dewa Olimpus walaupun jumlahnya tidak lebih dari dua belas dalam satu daftar. (Wikipedia)

Setiap dewa-dewi dalam mitologi Yunani memiliki setidaknya satu unsur yang dikuasai dan dilindunginya. Masing-masing unsur tersebut adalah:
  1. Zeus adalah pemimpin/raja para dewa, penguasa Olimpus, dewa iklim, dewa petir, dan cuaca.
  2. Hera, istri Zeus, ratu para dewa, adalah dewi pelindung pernikahan, pengorbanan, dan kesetiaan.
  3. Poseidon adalah dewa laut,gempa bumi, dan bapak bangsa kuda.
  4. Ares adalah dewa perang dan pembantaian.
  5. Hermes adalah dewa penunjuk jalan, pelindung para petualang, penggembala, dan penghibur. Ia juga utusan dewa Zeus.
  6. Hefaistos adalah dewa api, tukang kayu, penempa besi, dan pengrajin senjata.
  7. Afrodit adalah dewi cinta, seks, dan keindahan fisik.
  8. Athena adalah dewi kebijaksanaan, perang, keindahan jiwa, seni, dan pendidikan.
  9. Apollo adalah dewa matahari, cahaya, musik, tarian, obat-obatan, dan pelindung para pemanah.
  10. Artemis adalah dewi bulan, pelindung hewan, perburuan, kesuburan, dan kesucian. Merupakan saudara kembar Apollo
  11. Demeter adalah dewi bunga, tumbuh-tumbuhan, makanan, argraris ,dan pelindung perkawinan.
  12. Hestia adalah dewi pelindung rumah, keluarga, dan perapian.

Pesan Moral

Menurut analisa saya, film Percy Jackson and The Olympians : The Lightning Thief merupakan film fiksi yang dihubungkan dengan mitologi Yunani. Sedangkan pesan moral yang ingin disampaikan dalam film ini adalah :

1.    Bakti seorang anak kepada Ibunya.

Perjalanan Percy Jackson dan kedua temannya diawal dengan niat untuk mencari dan menyelamatkan ibunya dari tangan Hades, dewa penguasa bawah tanah, yang menginginkan petir. Meskipun ia tidak tahu bentuk dan keberadaan petir namun ia bertekad untuk menyelamatkan ibunya dengan berbagai cara. Ia menyadari akan kehebatan dan kesaktian Hades tapi demi cinta kasih kepada ibunya, ia rela menghadapi tantangan dan rintangan yang sulit.

2.    Persahabatan yang baik

Percy Jackson, Annabeth dan Grover memberikan contoh persahabatan yang baik dimana mereka bahu membahu menghadapi mahluk-mahluk mengerikan dan mencari jalan untuk menemukan Ibu Percy Jackson. Bahkan, Grover rela menjadi tawanan Hades demi membebaskan ibu Percy.

3.    Hubungan antara mahluk gaib dengan manusia

Dalam kehidupan di dunia dimana Tuhan menciptakan mahluk yang nyata yaitu manusia dan yang gaib seperti Jin, Ibis, Malaikat,Hantu dan Dewa-dewa, maka interaksi di antara mahluk Tuhan tersebut tidak dapat terelakkan.

Banyak kisah yang menceritakan hubungan antara manusia dengan mahluk gaib dalam kehidupan manusia. Meskipun secara kodrati bertentangan dan dilarang, tapi hubungan antara kedua mahluk tersebut tetap terjadi mulai jaman dahulu kala sampai saat ini.

Demikian sekilas ulasan dan apresiasi film Percy Jackson and The Olympians : The Lightning Thief, yang mengingatkan kesamaannya dengan tokoh legendaris dari tanah Jawa yaitu Ken Arok, Raja dan pendiri kerajaan Singasari, yang menjadi leluhur raja-raja di tanah Jawa.

Tidak ada komentar