Ragam Mitos Seputar Burung Perkutut

Ragam Mitos Seputar Burung Perkutut - Burung Perkutut adalah burung yang dipercaya memiliki misteri dan mitos yang kuat terutama bagi masyarakat Jawa. Mitos ini berasal dari tradisi atau falsafah masyarakat Jawa menyebutkan bahwa seseorang lelaki dewasa yang dianggap sebagai lelaki sejati yang sempurna jika sudah memiliki kelengkapan seperti :

  1. Wisma (rumah/tempat tinggal)
  2. Curiga (keris/ senjata andalan)
  3. Kukila (burung)
  4. Turangga (kuda/ kendaraan)
  5. Gangsa (gamelan)
  6. Garwa (istri/pendamping hidup)

Burung Perkutut adalah burung yang mewakili ‘kukila’ dengan berbagai pertimbangan tradisi jawa ditambah lagi dengan adanya mitos tentang legenda JOKO MANGU yaitu legenda burung perkutut milik Prabu Brawijaya V (raja Majapahit terakhir) yang merupakan jelmaan Pangeran dari Pajajaran yang bernama Joko Mangu.

gambar burung perkutut

Baca Juga :

Burung Perkutut dapat dikatakan pemenuhan kepuasan atau kenikmatan pribadi. Suara anggungannya dapat memberikan suasana tenang, teduh, santai bahagia dan seolah-olah pemiliknya dapat berhubungan dengan alam semesta secara langsung.

Selain itu, burung Perkutut yang merupakan salah satu burung misteri yang populer di Indonesia,  dianggap memiliki kekuatan gaib yang dapat mempengaruhi pemiliknya berdasarkan katuranggan atau ciri mathi, sehingga dipercaya dapat membawa keberuntungan atau  membawa sial bagi pemiliknya.

#1. Burung Perkutut Bertuah

Sedangkan berdasarkan jenisnya, burung Perkutut yang bertuah ada lima macam, yaitu :

1.    Perkutut Katuranggan

Merupakan perkutut yang dapat memberikan kesenangan, kebahagian dan ketentraman kepada pemiliknya dan lingkungan keluarga yang dekat dengan burung katuranggan.

Ciri perkutut katuranggan ini adalah memiliki bunyi / suara yang berbeda pada umumnya. Untuk bentuk fisiknya sama persis dengan perkutut jawa pada lainnya.

2.    Perkutut Songgo Ratu

Perkutut songgo ratu adalah perkutut dari putra raja dari bali yang dahulunya melarikan diri di kota banyuwangi karena di kejar musuh – musuhnya, dan saat ketika putra raja tersebut terbunuh saat melarikan diri, dia menjelma renkarnasi menjadi perkutut atau dinamakan sebagai perkutut songgo ratu.

Tanda atau ciri utama dari perkutut songgo ratu adalah bentuk fisik pada kepala jambul, paru dan kaki bewarna gelap.

Jenis perkutut bertuah ini juga memiliki habitat aneh yang disukai yaitu pada area yang sepi seperti goa, kuburan, rumah angker dan sebagainya.

3.    Perkutut Lurah

Jenis perkutut bertuah yang mendatangkan kewibawaan bagi pemiliknya seperti juragan yang dihormati. Burung ini adalah burung yang aneh bila dilepaskan di habitat liarnya, burung ini tidak mencari makan melainkan disuapi oleh burung lain sejenisnya, seperti layaknya bos yang memiliki bawahan.

Perkutut bertuah ini biasa disebut sebagai perkutut lurah yang dapat mendatangkan rejeki dan kewibawaan.

Ciri bentuk fisiknya adalah dada bewarna keputih – putihan disertai bagian atasnya loreng – loreng seperti kulit ular.

4.    Perkutut Daringan

Merupakan jenis perkutut bertuah yang mendatangkan rejeki pada istri dan suami, pada primbon jawa jenis perkutut daringan juga memiliki makna sendiri pada ciri fisiknya yaitu pada leher yang bergaris garis tanpa putus.

Garis tanpa putus melambangkan rejeki yang tidak akan putus hingga 7 keturunan dari seorang istri maupun suaminya.

5.    Perkutut Putih

Jenis perkutut bertuah lainnya adalah perkutut putih, perkutut ini dahulunya memiliki sejarah sendiri pada jaman kerajaan majapahit. Perkutut tipe ini hanya dipelihara oleh sang raja atau pimpinan bawahan raja.

gambar burung perkutut putih

Dalam pasaran perkutut putih ini memang sangat langka, dan harganya pun tidak semurah perkutut lainnya, sehingga banyak mitos jawa menandakan barang siapa yang memelihara burung perkutut putih maka dia akan kaya hingga burung tersebut meninggal.

6.    Perkutut Hitam atau Kol Buntet.

Perkutut jenis ini dianggap sebagai Rajanya Perkutut, mempunyai ciri bulu yang hitam legam pada sekujur tubuhnya.Dan mitos yang menyertainya yaitu jika dipelihara dapat membawa keberuntungan.

#2. Burung Perkutut Membawa Sial

Ternyata disamping membawa keberuntungan dan kebaikan bagi pemiliknya, burung perkutut juga dapat membawa kesialan atau musibah bagi pemiliknya seperti rejeki susah, rumah tangga berantakan, hidup tidak tentram dan lain-lain.

Berikut ini adalah jenis burung yang membawa sial sehingga sebaiknya jangan dipelihara.

Burung Perkutut Durgo Nguwuh.

Ciri yang bisa kita temua pada burung perkutut jenis ini adalah,.jika perkutut berbunyi, manggung hanya pada tengah malam saja. Mitos yang beredar bahwa burung ini tidak bagus untuk di pelihara, pemiliknya akan mendapatkan halangan, sebagai contoh sering sakit,rumah tangga berantakan,dan hidupnya sering kekurangan dll.

Burung Perkutut Durgo Ngerik.

Ciri yang bisa kita temukan pada jenis burung perkutut ini adalah ia selalu berkicau, berbunyi atau manggung setiap hari tidak kenal lelah baik siang dan malam. Mitos yang berkembang pada perkutut ini adalah rezeki pemiliknya akan seret serta rumah tangganya sering bertengkar.

Burung Perkutut Wisnu Tinundung.

Ciri pada burung perkutut yang tergolong jenis burung ini adalah bagian warna bulu hitam, namun tidak merata. Mitos yang beredar bahwa yang memelihara jenis burung Perkutut ini, keinginan atau cita-cita sangat sulit untuk tercapai.

Burung Perkutut Brahma Suku.

Ciri serta jenis burung perkutut ini bisa kita lihat dengan adanya tanda pada bagian bulu memiliki warna agak kemerahan.mitos burung ini pemiliknya sering sakit-sakitan,karena burung ini bisa mengundang penyakit.

Burung Perkutut Brahma Kukup.

ciri serta tanda yang bisa kita lihat dengan adanya pada bagian kepala sampai ekor,bulu perkutut ini memiliki warna putih. Mitos yang beredar, bahwa jenis perkutut ini mampu mendatangkan sial bagi penghuni keluarga pemiliknya.

Burung Perkutut Lubuh Geni.

Ciri yang bisa kita lihat di tandai dengan adanya bagian bulu memiliki warna agak merah,namun tidak merata. Mitos yang beredar pemiliknya sering kesusahan dan kekurangan uang.

Burung Perkutut Buntel Mayit.

Ciri yang bisa kita lihat pada jenis burung perkutut Buntel mayit adalah,di bagian sayapnya terdapat bulu yang warnanya putih.Mitos burung ini malapetaka akan selalu mengintai pemilikya atau keluarganya.

Burung Perkutut Lembu Rawan.

Jenis burung perkutut ciri seperti ini bisa kita lihat dengan adanya seluruh bulu pada badan perkutut,pertumbuhanya tidak bagus,tidak merata. Mitos perkutut ini pemiliknya selalu akan mengalami kesulitam rezeki.

Burung Perkutut Kelabang Kepipit.

Ciri yang bisa kita lihat pada jenis burung perkutut tipe ini,jika bagian sayap kita buka atau renggangkan,terdapat bulu putihnya.Mitos yang beredar bahwa burung perkutut ini kurang bagus untuk di pelihara,karena dalam bahtera rumah tangga bisa mengalami cekcok,sengketa dan kurang akur antara suami dan istri.

Demikanlah sedikit ulasan mengenai Ragam Mitos Seputar Burung Perkutut, burung yang penuh dengan misteri,  mitos dan legenda yang sangat kental hubungannya dengan orang Jawa, meskipun pada generasi sekarang sudah mulai jarang peminatnya.

Sumber : berbagai sumber

Tidak ada komentar