Asal-usul Aquarium, Sebagai Alternatif Hiburan Penghilang Beban Fikiran

Asal-usul Aquarium, Sebagai Alternatif Hiburan Penghilang Beban Fikiran - Dalam kehidupan masyarakat yang semakin kompleks dimana kesulitan ekonomi, persaingan bisnis yang semakin keras dan berbagai permasalahan hidup lainnya membuat kita mencari salah satu alternatif hiburan yang dapat melepaskan beban fikiran meskipun hanya sejenak. Sebagian orang menjadikan Aquarium dirumahnya sebagai alternatif hiburan pelepas penat dan melupakan sejenak beban fikiran.

Memandang riak-riak air, gerakan ikan berwarna-warni yang berenang kesana-kemari dengan latar belakang tanaman hias dan batuan karang ditambah suara gemericik air akan membuat hati, pikiran dan perasaan kita menjadi tenang. Salah satu bentuk hiburan yang dapat kita hadirkan dirumah kita dengan berbagai bentuk dan ukuran sesuai dengan keinginan kita.

Asal-usul Aquarium, Sebagai Alternatif Hiburan Penghilang Beban Fikiran


Baca Juga : Jenis-jenis dan harga Aquarium

Menurut Wkipedia, Akuarium adalah sebuah vivarium biasanya ditempatkan di sebuah tempat dengan sisi yang transparan (dari gelas atau plastik berkekuatan tinggi), di dalamnya satwa dan tumbuhan air (biasanya ikan, namun dapat juga ditemukan invertebrata, amfibi, mamalia laut dan reptil) ditampung, dan digunakan untuk display publik.

Aquarium berasal dari bahasa latin aqua yang berarti "air", dan sufiks -arium yang berarti "tempat yang terkait dengan". Maka komponen utama dari aquarium adalah air, baik air tawar maupun air laut, kemudian wadah atau tempatnya ditambah dengan hewan air khususnya ikan hias serta aksesoris lainnya seperti tanaman air, batu karang dan pasir. Bersaman dengan jalannya waktu, teknologi yang digunakan di dalam akuarium makin berkembang, seperti penambahan sistem penyaringan dan penerangan.

Saat ini, memelihara ikan di dalam akuarium adalah hobi yang cukup populer. Ikan hias merupakan jenis ikan yang memiliki banyak warna dan indah dipandang mata, keindahan ikan dapat menghilangkan beban fikiran. Ikan hias juga merupakan jenis ikan dengan nilai ekonomis tinggi, dengan harga dari ribuan sampai jutaan rupiah dan diperdagangkan di seluruh dunia.

Selain sebagai hiburan alternative pelepas lelah, memilihara ikan di akurium juga dapat mempercantik dekorasi rumah sehingga terlihat lebih indah, apalagi kalau kita kreatif maka dapat membuat akuarium lebih cantik dan serasi dengan perabotan rumah.

Pada awalnya, saat mempunyai aquarium, kita hanya memanfaatkannya saja sebagai hiburan, namun kemudian muncul permasalahan pemeliharaan karena amat disayangkan apabila ikan yang kita beli dengan harga mahal harus mati dengan cepat.

Walau terbilang rumit dalam memelihara ikan, sebenarnya inti dari memelihara ikan di aquarium adalah perawatan dan kontrol. Kita harus memberi makan setiap hari karena ikan berbeda dengan hewan peliharaan lain seperti anjing dan kucing yang bisa mencari makan sendiri. Membersihkan aquarium setiap minggu atau sesuai jadwal anda.

Asal-Usul Aquarium

Aquarium pertama kali dibuat oleh bangsa Sumeria kuno dengan cara membuat atau membangun kolam untuk ikan liar bukan sebagai hewan peliharaan, melainkan untuk menemani atau sebagai hiburan di saat makan malam.

Sedangkan bangsa Mesir Kuno memiliki cara sendiri untuk membuat akuarium dalam bentuk kolam persegi panjang dengan berbagai macam ikan yang ditempatkan di kuil.

Bangsa Romawi kuno mencintai semua jenis hewan termasuk anjing, kucing bahkan beberapa jenis ular, dan tentu saja ikan. Merekea memelihara hewan tersebut sesuai dengan tujuan atau kebutuhan mereka seperti jenis anjing tertentu yang dikembang-biakkan hanya untuk sahabat bagi perempuan, sedangkan ikan disimpan dalam wadah kaca.

Ikan dirawat oleh bangsa Romawi Kuno bukan hanya sebagai hewan peliharaan melainkan juga sebagai binatang yang sangat istimewa. Data historis menunjukkan bahwa mantan Konsul Romawi berkabung saat ikannya meninggal dan menyebabkan kematiannya sendiri, bayangkan itu.

Masih banyak tertulis dalam sejarah mengenai berbagai hal tentang akuarium dan jenis ikan yang dipelihara pada masa lalu. Tepat setelah Perang Dunia Pertama cara modern dalam membuat aquarium mulai berlangsung. Para Pengusaha menjadikan bisnis aquarium dan ikan hias sebagai hewan peliharaan sebagai bisnis yang berpotensi menghasilkan keuntungan.

Jadi, aquarium sebagai hiburan dan sarana pelepas kepenatan dan beban fikiran sudah berlangsung sejak jaman dulu. Saat kita menikmati pemandangan aquarium dan mengetahui sejarah di balik itu maka kita akan bisa lebih menghargai keindahan dan manfaat dari memiliki sesuatu yang tidak banyak orang menyadarinya.

gambar aquarium

Manfaat- manfaat Aquarium

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari Aquarium bagi kesehatan.

1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah TInggi

Saat kita sedang marah atau menderita tekanan darah tinggi, memandang aquarium dan memusatkan perhatian kita padanya dengan mengikuti gerakan ikan hias yang cantik di dalam akuarium, terbukti dapat membuat rilek, meredakan amarah dan jika dilakukan secara rutin dapat menurunkan tekanan darah.

2. Obat bagi Penderita Alzeimer

Memandangi ikan di dalam akuarium menurunkan tingkat agresifitas, dan menurunkankan supplement / obat dan meningkatkan nafsu makan, pikiran menjadi cenderung stabil

3. Memberi Efek Tenang untuk semua umur,

Bagi - bagi anak yang HIPERAKTIf, dirumah lari-lari terus, ini bagus banget di pasang dirumah. Orang dewasa dan anak yang memandang ikan has, menjadi lebih tenang dan lebih lelap tidur saat malam hari.

4. Menjernihkan Pikiran, Memberi kesejukan dan Mengurangi Strest serta memberi Inspirasi dan ide.

  • Memandang ikan hias bersama dekorasi dan air didalam akuarium terbukti memberi manfaat, Gerakan ikan akuarium memberikan perasaan terbawa.
  • Dengan memandang saja dapat menghilangkan kebosanan dan stress.
  • Dengan pikiran jernih perasaan menjadi lebih damai sehingga dapat menimbulkan ide-ide cermelang dan kreatif.

5. Penyalur Hobi

Memlihara ikan hias dan mempercantik aquarium dapat menjadi hobi atau sekedar pengisi waktu luang, sehingga membuat kita lebih dekat dengan alam dan  mempercantik ruangan.

6. Pembawa Hoki atau Keberuntungan

Bagi sebagian orang menganggap jika Ikan hias tertentu seperti ikan Arwana, Louhan, Ikan Mas Koki, Ikan Koi dapat membawa dan memberikan keberuntungan pada pemiliknya.

7. Investasi dan Lahan Bisnis

Harga ikan hias yang mencapai puluhan juta dapat manjadi lahan bisnis yang potensial

Demikian ulasan tentang Aquarium sebagai alternatif hiburan pelepas beban fikiran. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar