12 Tempat Wisata di Indonesia Dengan Mitos Cinta

12 Tempat Wisata di Indonesia Dengan Mitos Cinta – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak tempat wisata alam dengan pemandangan yang indah serta suasana alami nan tenang, sejuk dan damai. Dari banyaknya tempat wisata yang ada di Indonesia, tercatat ada 12 tempat wisata yang memiliki mitos tentang cinta.

Mitos tentang cinta dibalik tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia berasal dari berbagai macam sebab seperti asal-usul kisah percintaan leluhur, kutukan, kejadian  yang menjadi semacam sugesti lalu dipercaya oleh masyarakat setempat maupun dari adat istiadat yang berlaku di tempat wisata tersebut.

12 Tempat Wisata di Indonesia Dengan Mitos Cinta

Jika dipikir menggunakan nalar memang tidak ada hubungannya antara kunjungan ke tempat wisata tersebut dengan kelangsungan hubungan cinta di kemudian hari namun mitos ini sudah terlanjur berkembang dan mengakar dalam kehidupan masyarakat. Sehingga muncul pantangan dan larangan bagi pasangan kekasih agar jangan berkunjung  atau anjuran bagi yang masih jomblo untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

Berikut ini adalah 12 Tempat wisata di Indonesia yang memiliki mitos tentang cinta.

1.    Jembatan Cinta Pulau Tidung

Pulau Tidung di Kepulauan Seribu tak hanya menawarkan pemandangan indah. Disana ada Jembatan Cinta yang memiliki mitos pasangan dan jomblo.

Jembatan dengan ketinggian 5 meter dari permukaan air ini sering dijadikan tempat melompat. Selain menantang, mitosnya juga mengatakan kalau seorang jomblo  melompat dari atas jembatan maka katanya bisa mendapatkan jodoh dengan lebih cepat. Sedangkan bagi pasangan yang ingin hubungannya langgeng sebaiknya menyeberangi jembatan melengkung ini bersama-sama.

2.    Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor adalah salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan alam dari hutan yang asri. Namun dibalik keindahan alamnya  ternyata mempunyai mitos putus cinta yang dipercaya oleh masyarakat.

12 Tempat Wisata di Indonesia Dengan Mitos Cinta
Kebun Raya Bogor, Gambar : Initempatwisata.com

Mitosnya adala jika pasangan kekasih mengunjungi tempat wisata ini maka di kemudian hari hubungan percintaan di antara mereka akan putus ditengah jalan.

3.    Pohon Jodoh Kebun Raya Bogor

Namun ada sepasang pohon yang disebut Pohon Jodoh yang memiliki mitos siapa saja yang bertemu di depan pohon jodoh ini mereka bisa menikah. Mitos ini diperkuat dengan adanya makam Ratu Galuh, istri Prabu Siliwangi, yang terletak di dekat pohon ini yang mitosnya dapat menarik jodoh.

4.    Pulau Asmara Situ Patenggang

Di Lembang, Bandung terdapat Pulau Asmara lengkap dengan batu cinta yang berada di Situ Patenggang, sebuah danau yang memiliki pemandangan indah dan menyejukkan. Mitosnya, siapa saja yang datang kesana berpasangan bisa memiliki hubungan yang langgeng.

5.    Tanjakan Cinta Gunung Semeru

Setelah menikamati indahnya danau Ranu Kumbolo di gunung Semeru, ada sebuah jalur menanjak  yang memiliki mitos yang kuat di kalangan pendaki gunung yang dinamakan Tanjakan Cinta.

Konon, siapa saja yang melewati Tanjakan Cinta dengan membayangkan orang yang dicintainya maka akan dapat bersama sampai akhir hayatnya. Namun akan gagal apabila kita menengok ke belakang meskipun hanya sekali.

Sehingga para pendaki yang menginginkan pasangan akan berjalan dengan konsentrasi tinggi menghadap ke depan berusaha sekuat mungkin agar tidak menengok ke belakang.


6.    Dermaga Hati Ancol

Di kawasan Ancol, Jakarta, terdapat suatu dermaga yang berbentuk hati sehingga diberi nama Dermaga Hati. Mitosnya, pasangan yang tengah jatuh cinta akan abadi cintanya apabila mereka memasang gembok di Dermaga Hati ini. Meskipun jumlahnya tak sebanyak tempat-tempat legenda love lock di luar negeri, beberapa pasangan masih melakukan tradisi ini.

12 Tempat Wisata di Indonesia Dengan Mitos Cinta
Dermaga Hati Ancol, Gambar : Kompasiana

7.    Batu Cinta Pantai Parangkusumo

Ada dua batu di pantai Parangkusuma, Yogyakarta, yang disebut selo gilang yang kemudian dikenal dengan nama Batu Cinta. Konon ditempat inilah, pertemuan antara Panembahan Senopati dengan Kanjeng Ratu Kidul, penguasa gaib Pantai Selatan, berawal yang berlanjut dengan perkawinan.

Sehingga pada malam Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon banyak orang berziarah ke tempat ini dengan harapan memperoleh berkah cinta yang langgeng.

8.    Pohon Cinta Pulau Kemaro

Di tengah pulau Kemaro, Palembang , ada sebuah pohon yang dinamakan Pohon Cinta. Konon, pohon ini menjadi bukti cinta Siti Fatimah yang menyeburkan diri ke sungai Musi demi mencari kekasihnya, Tan Bun An.

Mitosnya, dengan menuliskan nama pasangan yang tengah jatuh cinta akan membuat cinta mereka abadi seperti cintanya Siti Fatimah dan Tan Bun An.

9.    Candi Prambanan

Candi Prambanan, Yogyakarta, adalah candi yang dibangun atas dasar cinta yang kemudian kandas karena penghianatan seperti kisahnya Bandung Bondowoso dengan Roro Jonggrang. Sehingga terdapat mitos, pasangan yang berkunjung ke Candi Prambanan, cintanya akan kandas ditengah jalan layaknya cinta Bandung Bondowoso denan Rara Jonggrang.

Baca Artikel Terkait : Misteri Candi Prambanan

10.    Jembatan Putus Cinta Kebun Raya Bogor

Masih di Kebun Raya Bogor, ada sebuah jembatan gantung berwarna merah yang dinamakan Jembatan Putus Cinta. Jembatn yang melewati sungai Ciliwung ini sepintas tidak berbeda dengan jembatan-jembatan lainnya namun dipercaya memiliki mitos, jika ada pasangan kekasih yang melewati jembatan ini maka cintanya akan putus ditengah jalan.

11.    Baturraden

Baturraden adalah tempat wisata yang terletak di kecamatan Baturraden, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tempat wisata yang memiliki air terjun, kolam renang air hangat hingga goa yang cantik dipercaya memiliki mitos putus cinta.

Konon, pasangan kekasih yang mengunjungi tempat wisata ini, cintanya akan berakhir.  Hal ini dikaitkan dengan legenda asal mula tempat ini yang berasal dari tragedy kisah cinta antara seorang anak bupati (Raden) dengan anak pembantu (Batur).  Hubungan mereka tidak direstui sehingga keduanya meninggal dan tempat ini dinamakan Baturraden.

12.    Air Terjun Coban Rondo

Kota Malang, Jawa Timur juga memiliki air terjun  dengan mitos cinta yaitu Air terjun Coban Rondo. Seperti namanya Coban Rondo atau airterjun janda  ini akan membuat pasangan kekasih yang berkunjung ke tempat wisata ini mengalami keretakan hubungan cintanya atau putus cinta. 

12 Tempat Wisata di Indonesia Dengan Mitos Cinta
Sumber Gambar : Manusia Lembah


Demikian ulasan spot-misteri tentang 12 Tempat Wisata di Indonesia Dengan Mitos Cinta.  Hanya sebatas mitos atau fakta tergantung bagaimana kita menyikapinya. Jika ada tempat wisata lain yang memiliki mitos cinta dan belum ada dalam artikel ini, silahkan tambahkan pada kolom komentar dibawah ini.

Salam Misteri














Tidak ada komentar