7 Khasiat Duri Landak Bagi Manusia Terbaru

7 Khasiat Duri Landak Bagi Manusia Terbaru – Duri Landak atau bulu Landak adalah benda yang akrab bagi kehidupan masyarakat di pulau Kalimantan mulau jaman dahulu sampai sekarang. Masyarakat Kalimantan terutama yang tinggal di pedalaman, mengakui bahwa bulu Landak memiliki banyak khasiat bagi manusia baik untuk kesehatan maupun sebagai alat penolak mahluk gaib atau ilmu gaib.

Jika dahulu bulu atau duri Landak diambil sesuai dengan kebutuhan manusia saja, sekarang, duri landak sudah banyak diperjual-belikan. Saat ini, kita dapat menemukan duri Landak dijual di pasar-pasar tradisional maupun di toko-toko batu atau toko oleh-oleh khas Kalimantan. Sehingga keberadaan dan popularitas duri  Landak yang memiliki berbagai khasiat semakin terkenal dan semakin menyebar  ke berbagai daerah lain diluar pulau Kalimantan.

Namun banyak orang yang belum mengetahui khasiat dan manfaat bulu Landak bagi manusia, sehingga spot-misteri kali ini mencoba menghadirkan tulisan tentang 7 Khasiat Duri Landak Bagi Manusia Terbaru. Tapi sebelumnya mari kita mengenal terlebih dahulu seperti apakah hewan Landak yang durinya memiliki banyak khasiat itu.

Binatang Landak

Binatang Landak merupakan salah satu hewan yang ada di Kalimantan, nama ilmiah hewan ini adalah Hystric (Thecurus) crassispinis, secara umum landak adalah herbivora dan menyukai daun, batang, khususnya kulit kayu.
7 Khasiat Duri Landak Bagi Manusia Terbaru
Landak

Landak pada umumnya hidup sendiri alias tidak berkoloni dan merupakan hewan nokturnal (hewan yang aktif saat malam hari). Namun, hewan ini masih mampu untuk bergerak pada siang hari saat keadaan terpaksa. Sebagai hewan yang memiliki daya ingatan yang kuat, mereka pun dengan mudah belajar sesuatu yang baru.

Kelebihan hewan ini selain daya ingat yang kuat adalah memiliki indera pendengar dan penciuman yang sangat tajam. Kemampuan inilah yang mempermudah hewan yang memiliki habitat asal di hutan ini mampu mencari makanan pada malam hari walaupun penglihatan yang dimilikinya tidak spesial.

Selain itu, Landak merupakan salah stu hewan pengerat dimana landak pun memiliki rambut atau sering disebut dengan bulu tebal, bulu-bulu tebal ini memiliki ketajaman yang dapat digunakan Landak untuk melindungi dirinya dari musuh.

Landak memang merupakan hewan pengerat atau rodentia, pada ordo rodentia, Landak ini merupakan hewan pengerat terbesar ketiga apabila dilihat dari segi ukuran tubuhnya. Kelebihan Landak adalah dapat bergerak secara lincah, hewan ini juga dapat membentuk bulatan sehingga yang tampak adalah duri-durinya. Biasanya hal ini dilakukan ketika Landak akan menghindari musuh, ini adalah cara Landak untuk melindungi dirinya dari musuh.

Khasiat Duri Landak

Dibalik wujud hewan Landak yang penuh dengan bulu-bulu keras dan tajam seperti duri, yang kita anggap menakutkan dan dapat melukai kita, ternyata Tuhan menciptakan banyak manfaat dari bulu atau duri dan daging hewan Landak. Berikut ini adalah 7 khasiat duri Landak bagi manusia.

1. Duri Landak untuk mengobati masuk angin

Bulu atau duri Landak mempunyai khasiat untuk mengobati masuk angin dengan cara menggosok-gosokkan duri landak tersebut di selah-selah jari kaki kita. Jika memang masuk angin maka gesekan pada selah-selah kaki tersebut akan terasa sakit namun sebaliknya tidak terasa apa-apa.

Tapi jika masuk angin yang kita derita cukup parah dan kita tidak merasa yakin dapat mengobatinya sendiri lebih baik kita mendatangi ahlinya.  Di Kalimantan, jika kita terkena penyakit masuk angin, salah satu penyakit yang jika dibiarkan saja akan menjadi penyakit berbahaya seperti ‘angin duduk’ yang bisa membahayakan jiwa, maka kita akan mendatangi orang-orang yang memiliki kemampuan sedot angin.

Alat yang digunakan sama seperti yang kita gunakan yaitu duri Landak ditambah dengan daun sirih, bedanya mereka sudah terbiasa mengobati orang-orang yang terkena masuk angin sehingga mereka lebih tahu bagian tubuh mana yang harus diobati.

2. Duri Landak sebagai Obat Demam dan Meriang

Untuk menggunakan duri Landak sebagai obat demam, masyarakat Dayak, biasanya membakarnya sampai menjadi abu dan mencampurnya dengan air putih lalu meminumkan pada orang yang terkena demam.

3. Duri Landak Sebagai Obat rematik

Selain dapat mengatasi demam dan meriang, duri landak dapat juga digunakan  untuk mengatasi rematik, karena kandungan yang dimiliki duri Landak ini sangat efektif untuk meredakan nyeri terutama pada nyeri ketika rematik itu terjadi.

Caranya dengan membakar duri Landak sampai menjadi abu, lalu abu tersebut dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

4. Pelindung Bagi Ibu Hamil

Di Kalimantan, banyak orang yang memiliki ilmu hitam yang menggunakan bayi dalam kandungan sebagai korbannya disebut Ilmu Kuyang sejenis dengan Palasik atau Nenek Grondong. Menurut mereka yang memiliki ilmu Kuyang ini, janin dalam kandungan seorang ibu berbau harum serta dapat mereka cium dalam jarak yang lumayan jauh.

Sehingga untuk melindungi ibu hamil baik saat dirumah maupun keluar rumah, sang ibu hamil harus membawa bungkusan, biasanya kantung kain kecil yang di dalamnya diisi dengan sebutir bawang merah dan bawang putih tunggal, Al qur’an kecil, cermin kecil dan duri Landak.
Bungkusan tersebut dipercaya memiliki daya misteri yang mampu menolak kejahatan pemilik ilmu kuyang dan gangguan mahluk gaib.

5. Duri Landak Sebagai Penolak Bala

Duri Landak atau duri Landak sering kali disimpan dirumah oleh beberapa orang, terutama orang Dayak, karena diyakini jika duri Landak dapat digunakan sebagai penolak bala, penghalau gangguan gaib atau melemahkan ilmu hitam yang berasal dari luar.

6. Duri Landak Sebagai Media Pengusir Mahluk Gaib

Bulu atau duri Landak konon dapat digunakan sebagai media pengusir mahluk gaib dari tubuh orang yang kesurupan dengan cara menempelkan duri landak kebagian tubuh korban kesurupan seperti pada telapak tangan atau kaki.

Baca Juga :

7. Duri Landak Sebagai Alat Membela Diri

Selain beberapa khasiat yang tersebut diatas, duri Landak dapat juga dipergunakan sebagai alat untuk membela diri. Duri landak juga konon dapat mengakibatkan kematian akibat racun yang ada pada duri tersebut bila korban tertusuk hingga keruas yang berwarna hitam.

Demikian ulasan tentang 7 Khasiat Duri Landak Bagi Manusia yang Terbaru. Segala obat atau media akan benar-benar menjadi obat dan akan membawa manfaat tergantung kepada keyakinan kita. Jika keyakinan kita kuat maka obat tersebut akan membawa kesembuhan, namun sebaliknya jika keyakinan kita kurang yakin, maka obat semahal apapun tidak dapat menyembuhkan.

Dengan membaca artikel ini semoga kita dapat mengambil manfaatnya.

Tidak ada komentar