4 Sifat Buruk Pengundang Penyakit

4 Sifat Buruk Pengundang Penyakit – Salah satu sisi misteri yang dimiliki oleh manusia adalah manusia memiliki dua sisi sifat yang saling bertolak belakang yaitu sifat baik dan sifat buruk.  Kedua sifat tersebut dalam setiap harinya, bergantian mengisi hati manusia. Sifat baik membawa kebaikan bagi orang lain juga bagi dirinya sendiri sedangkan sifat buruk tidak hanya merugikan orang lain tapi juga membawa dampak yang dapat mengundang atau menjadi pemicu berbagai penyakit bagi dirinya sendiri.

Pada umumnya semua sifat buruk dapat merugikan dan dapat mengundang penyakit namun yang sudah terbukti secara imiah adalah 4 sifat berikut ini yaitu emosional atau pemarah, sifat cemas dan panik berlebihan, sifat tidak percaya diri dan sifat pembosan.

Pada kenyataannya, tidak seorang pun yang menginginkan sakit bagi dirinya, apalagi sekarang ini biaya pengobatan melambung tinggi sehingga sangat penting bagi kita untuk menjaga dan menyadari arti kesehatan.

Bagi masyarakat modern, munculnya kesadaran ini sebenarnya sebagai akibat terabaikannya pola hidup sehat sejak awal milenium lalu. Sedangkan bagi masyarakat pedesaan yang masih menjaga pola hidup sederhana memiliki daya tahan yang cukup tinggi terhadap berbagai penyakit.

Namun tak bisa di pungkiri, kondisi perubahan sosial serta gaya hidup yang kian cepat membuat masalah kesehatan juga bergeser ke ranah psikologis.

Sebut saja tekanan akibat pekerjaan, konflik rumah tangga atau bahkan masalah finansial kerap sekali menyebabkan stress. Dan, stress adalah pintu gerbang bagi masuknya segala jenis penyakit ke dalam tubuh.

Tidak berlebihan kiranya, ketika sebuah peneitian ilmiah mendapati adanya kaitan antara kondisi kejiwaan atau tingkat emosi dan stress dengan penyakit yang diderita masyarakat modern. Bahkan penelitian itu juga mendapati fakta bahwa kepribadian atau sifat buruk yang dimiliki seseorang rawan memunculkan penyakit-penyakit kronis.

Berikut ini adalah empat sifat buruk yang rawan menjadi pemicu atau pengundang penyakit.

1. Sifat Pemarah Pengundang Penyakit Jantung dan Stroke

Sifat pemarah atau mudah marah serta ketidaksabaran ternyata dapat mengaktifkan sistem kardiovaskuler secara terus-menerus. Sehingga tekanan darah naik secara cepat. Nafas menjadi memburu dan akibatnya otot menjadi tegang yang menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke.

4 Sifat Buruk Pengundang Penyakit

2. Sifat Cemas dan Panik Berlebihan Pengundang Gangguan Lambung.

Douglas Drossman, dosen kedokteran dari University Of North Carolina, dalam sebuah penelitian menemukan bahwa perempuan yang memiliki sifat cemas dan panik berlebihan pada hal-hal kecil sekalipun akan mudah terserang gangguan pada lambungnya.

4 Sifat Buruk Pengundang Penyakit

Rasa cemas ini mengakibatkan lambung salah mengartikan kode dari otak sehingga dampaknya lambung memproduksi asam atau basa secara berlebihan.

3. Sifat Tidak Percaya Diri Pengundang Berbagai Macam Penyakit.


Sifat tidak percaya diri selain membuat kita tersingkir dari pergaulan ternyata juga membuat kita rentan terhadap penyakit. Biasanya orang dengan sikap mental seperti ini sering terlibat pada hubungan yang buruk. Baik dalam keluarga maupun dalam lingkungan pergaulannya.

4 Sifat Buruk Pengundang Penyakit

Sifat tidak percaya diri atau rendah diri menyebabkan proses penyembuhan untuk penyakit yang dideritanya berjalan lambat. Itulah sebabnya ada beberapa orang yang membutuhkan waktu istirahat lebih lama ketimbang orang lain walau sama-sama terserang flu ringan.

4. Sifat Pembosan

Hasil dari penelitian di beberapa kampus ternama di dunia membuktikan adanya keterkaitan antara rasa bosan dengan sakit kepala. Sebab rasa bosan yang kita alami dapat melahirkan emosi negatif sehingga dapat meningkatkan stress kemudian dapat memperlemah sistem kekebalan tubuh. Dengan melemahnya kekebalan tubuh akan menyebabkan penyakit dengan mudah menyerang kita.

4 Sifat Buruk Pengundang Penyakit
Yang tidak kalah berbahayanya adalah rasa bosan dapat juga dapat mempengaruhi kebiasaan dan rutinitas pola makan kita. Seperti saat kita menunggu seseorang dimana makanan ringan atau camilan kita makan sebagai pelampiasan rasa bosan.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak sifat-sifat buruk lainnya yang berpotensi mendatangkan penyakit bagi tubuh kita. Namun keempat sifat buruk diatas sudah mendapatkan pembuktian ilmiah lewat sebuah penelitian.

Sifat dan pikiran buruk bisa jadi adalah sebuah pesan atau sugesti buruk pula bagi kesehatan tubuh.

Sumber : callrid


Tidak ada komentar