10 Tempat Paling Angker di Kota Malang

10 Tempat Paling Angker di Kota Malang – Kota Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi masyarakat Jawa Timur. Namun, dibalik keindahan dan banyaknya tempat wisata serta kuliner di kota bunga ini ternyata menyimpan tempat-tempat angker yang paling ditakuti oleh warga Malang. Tercatat ada 10 tempat paling angker di kota Malang.

Dulu, kota yang di kelilingi gunung ini disebut sebagai Kota Dingin namun seiring perkembangan jaman dan pertambahan jumlah penduduk, suhu udara di Malang berubah menjadi panas, tak ubahnya dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Namun, tempat-tempat angker tersebut hampir tidak pernah berubah, sampai sekarang masih menunjukkan tanda-tanda keangkerannya.

Terbukti dengan masih banyak warga setempat, pendatang baru dan mahasiswa dari luar kota yang ingin membuktikan keangkeran tempat-tempat tersebut, berujung dengan mengambil jurus pamungkasnya yaitu jurus langkah seribu atau lari. Bahkan mendengar namanya saja, ada pula yang tidak berani melewati tempat tersebut.

Anda penasaran? Atau ingin mencoba merasakan pengalaman mistis ditempat yang banyak hantunya ini?

Baca Artikel Terkait :

Berikut ini adalah tempat-tempat paling angker di kota Malang.

1.    Universitas Brawijaya

Universitas yang mengabadikan nama raja Majapahit ini, menjadi ikon kota Malang sehingga dijuluki sebagai kota Pendidikan disamping banyaknya perguruan tinggi swasta lainnya. Namun, disamping kepopuleran namanya, Universitas pertama dan tertua di kota Malang ini menyimpan kisah-kisah misteri yang membuat bulu kuduk kita merinding.

10 Tempat Paling Angker di Kota Malang

Kisah misteri paling popular di tempat ini adalah keberadaan Hantu Muka Rata yang sering menampakkan diri di Fakultas Kedokteran. Karena banyak yang pernah dihantui sehingga kisah ini memiliki banyak versi, namun yang menjadi tokohnya adalah sosok yang sama yaitu hantu muka rata dengan kulit yang mengelupas tanpa hidung dan mata.

Selain Fakultas Kedokteran, masih ada satu tempat lagi yang dikenal angker yaitu di Asrama mahasiswa. Konon, ditempat yang dihuni mahasiswa ini juga dihuni oleh banyak sosok kasat mata yang nakal dan usil. Hantu-hantu tersebut sering menampakkan diri, menggoda dan menjahili mahasiswa yang tinggal di asrama tersebut.

2.    Museum Brawijaya

Tempat angker berikutnya adalah museum Brawijaya, bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang tepat berada di jalan Ijen, jalan yang menjadi kebanggan warga Malang. Jika pada siang hari, bangunan ini tak ubahnya meseum yang banyak dikunjungi orang,namun ketika menjelang malam, maka aura seram menyelimuti bangunan bersejarah ini.

Namanya museum, pasti banyak memiliki benda-benda peninggalan sejarah termasuk juga musem Brawijaya ini. Tapi ada satu benda bersejarah yang banyak mendapatkan perhatian pengunjung pada siang hari yaitu “gerbong maut”.

10 Tempat Paling Angker di Kota Malang

Menurut sejarah, gerbong tersebut adalah salah satu gerbong kereta api yang dipergunakan penjajah Belanda untuk mengangkut 100 orang pejuang kemerdekaan sedangkan kapasitas gerbong itu hanya untuk 20 orang saja dan ditutup rapat-rapat tanpa makanan dan minuman.

Dari 100 orang yang ada di gerbong itu, hampir setengahnya meninggal dan 30 orang lainnya sekarat, serta sisanya masih bisa bertahan tapi tetap dibunuh. Sehingga dapat dibayangkan bagaimana penderitaan mereka, maka gerbong tersebut menjadi “gerbong maut” yang menyeramkan.

Namun jangan coba-coba mengunjunginya pada malam hari, saat para penghuni gaibnya bangun dari tidurnya lalu bergentayangan menunjukkan keberadaannya.

3.    Wisma Tumapel

Sebuah Wisma kuno peninggalan Belanda yang berada di pusat kota Malang dengan nama Tumapel, nama kadipaten pada jaman sebelum kerajaan Singosari yang dipimpin oleh Tunggul Ametung.


Tempat ini cukup sering dikunjungi wisatawan karena gaya bangunannya yang indah dan unik, bangunan khas Eropa. Wisma Tumapel awalnya adalah hotel yang didirikan saat era kolonialisme.

Karena kosong dan tak terawatt dengan baik, Wisma kuno ini menjadi tempat yang angker dan dihuni oleh banyak mahluk gaib. Sosok gaib yang paling terkenal adalah hantu noni Belanda yang sering menampakkan diri di lorong-lorong dan jendela. Serta beberapa kamar tertutup yang menyimpan misteri hingga tidak semua orang boleh membukanya.

4.    Universitas Negeri Malang

UN Malang atau dulunya adalah IKIP Negeri Malang adalah perguruan tinggi negeri kedua setelah Universitas Brawijaya yang menyimpan banyak kisah menyeramkan. Menurut sejarah, tempat yang menjadi lokasi pencetak guru-guru ini, pada era 1965 adalah tempat pembantaian orang-orang yang terlibat pada peristiwa tersebut.

10 Tempat Paling Angker di Kota Malang

Maka tidak mengherankan apabila UN Malang menjadi tempat yang angker dan menyeramkan terutama di saat malam hari. Banyak kejadian dialami oleh warga sekitar dan mahasiswa yang menunjukkan keberadaan sosok gaib dari arwah-arwah penasaran yang menjadi korban peristiwa 1965.

Bahkan, keangkeran tempat ini pernah memakan korban jiwa seorang mahasiswi yang menderita lemah jantung. Suatu malam setelah mengikuti kuliah terakhir, bersama-sama teman-temannya, mahasiswi ini pulang. Namun, karena payungnya tertinggal di kelas, ia kembali untuk mengambil payungnya sendirian.

Maka, tanpa dia harapkan sebelumnya, peristiwa demi peristiwa menyeramkan menghantui dirinya. Mulai dari sosok tanpa kepala, tanpa kaki dan tangan serta hantu menyeramkan lainnya. Setelah ditemukan pingsan, mahasiswi tersebut dibawa ke rumah sakit. Namun nyawanya tidak tertolong.

Dan, masih banyak kisah-kisah menyeramkan lainnya.

5.    Wisma Erni

Wisma Erni adalah wisma kuno yang berada di daerah Lawang, tepat di pinggir jalan jalur Malang-Surabaya. Saat melewati tempat ini, dari kendaraan yang kita naiki akan terlihat sebuah bangunan dengan arsitektur Eropa yang sudah tidak terawat lagi, itulah Wisma Erni yang terkenal angker.

Kabar terkini menyatakan jika wisma tersebut dibeli oleh sebuah yayasan dan akan dipergunakan untuk mendirikan satu pondok pesantren. Namun hingga sekarang bangunan tersebut masih berdiri tegak menebarkan aura angkernya.


6.    Hotel Niagara

Jika sebelumnya tempat angkernya adalah kampus dan wisma, maka tempat angker berikutnya yang ada di kota Malang adalah sebuah hotel yaitu Hotel Niagara. Hotel kuno yang sudah berumur 100 tahunan terletak di daerah Lawang, juga tepat di pinggir jalan Malang-Surabaya.

Keangkeran hotel ini sudah terkenal, konon hotel ini dihuni oleh sosok hantu noni Belanda, hantu seorang wanita yang bunuh diri dan hantu-hantu lainnya  yang bergentayangan.


7.    Jembatan Sulfat

Selain kampus, wisma dan hotel, tempat angker lainnya adalah sebuah jembatan yang menuju ke arah perumahan Sawojajar, Malang yaitu Jembatan Sulfat. Keangkeran jembatan ini disebabkan pengembang jembatan ini mencaplok sebagian areal pemakaman sehingga penghuni gaib pemakaman yang tergusur bergentayangan mengganggu pengguna jalan.

10 Tempat Paling Angker di Kota Malang

Kisah tentang Kuntilanak yang membonceng kendaraan kita saat melewati jembatan Sulfat pada malam hari, sudah menjadi rahasia umum, ditambah lagi dengan seringnya terjadi kecelakaan di jembatan ini.

8.    SMA Tugu

Yang disebut SMA Tugu adalah SMA yang berada di seberang Balai Kota Malang yang memiliki alun-alun dengan Tugu monument Malang Kucecwara sehingga disebut alun-alun Tugu.

10 Tempat Paling Angker di Kota Malang

Latar belakang peristiwa yang menyebabkan sekolah favorit di Malang ini menjadi angker adalah bangunan sekolah sebagian besar merupakan peninggalan Belanda dan konon tempat ini berkaitan juga dengan peristiwa 1965 dimana banyak terjadi kejadian tragis merenggut nyawa.

Peristiwa aneh yang terjadi di tempat ini adalah adanya bercah darah di ubin ruangan kelas, anehnya bercah tersebut terkadang berwarna kecoklatan terkadang juga agak kemerahan.
Kemudian di Aula Bersama SMA Tugu, juga muncul bercah darah dilantainya sebelum diganti dengan kayu beralaskan pasir.

9.    Rumah Sakit Lavalette

Tempat angker berikutnya adalah sebuah rumah sakit swasta tertua di kota Malang yaitu rumah sakit Lavalette. RS. Lavalette dulunya adalah sebuah klinik kesehatan milik pemerintah Hindia-Belanda dan sekarang sudah menjadi salah satu pusat pelayanan kesehatan masyarakat di Malang.

10 Tempat Paling Angker di Kota Malang

Keangkeran tempat ini, menurut mitos yang beredar berasal dari sebuah pohon tua di areal rumah sakit yang dihuni banyak mahkluk tak kasat mata. Mahluk-mahluk gaib ini yang sering menampkkan diri kepada pengunjung maupun pasien rumah sakit terutama pada malam hari.

10.    Kali Mewek

Sungai kecil yang membelah kota Malang, jika anda dari arah Surabaya memasuki kota Malang, akan melewati sebuah jembatan tepat sebelum Arca Ken Dedes berdiri dengan anggun. Itulah Kali Mewek.

10 Tempat Paling Angker di Kota Malang


Demikian pembahasan spot-misteri tentang 10 Tempat Paling Angker di Kota Malang. Jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat ini untuk merasakan sensasi yang memacu adrenalin, silahkan siapkan mental dan nyali anda.

Artikel Terkait :

Tidak ada komentar