Fakta Dan Misteri Kutub Utara

Fakta Dan Misteri Kutub Utara – Kutub utara dan kutub selatan merupakan poros bumi yang nampaknya terlihat sama namun memiliki banyak perbedaaan. Jika Penguin berada di kutub selatan dan Beruang kutub di utara maka berbeda pula dengan misteri yang menyelimuti kedua poros bumi tersebut.

Fakta Dan Misteri Kutub Utara

Meskipun sudah banyak ulasan tentang kutub utara yang dapat anda cari di Google, namun kali ini spot-misteri mencoba mengulas kembali tentang fakta dan misteri  dibalik kutub utara yang merupakan bahasan sangat menarik.

Banyak hal yang ingin kita ketahui tentang kutub utara seperti kehidupan di kutub utara, Negara di kutub utara dan letak kutub utara serta hubungannya degan kutub selatan meskipun semuanya hanya dalam wacana pengetahuan belaka dan karena keterbatasan penulis sehingga tulisan ini mengambil dari berbagai sumber yang disediakan Mbah Google lalu merangkumnya kembali menjadi artikel ini.

Definisi Kutub Utara

Menurut Wikipedia, Kutub Utara adalah titik paling utara dari bola bumi, merupakan satu-satunya titik yang dilalui oleh garis khayal 90 derajat Lintang Utara.

Kutub Utara adalah titik paling utara Bumi, dapat didefinisikan dalam empat cara berbeda. Namun hanya dua cara pertama yang umum digunakan. Namun begitu definisi yang paling luas adalah Kutub Utara terletak di Samudra Arktik.
  1. Kutub Utara Geografis, juga dikenal dengan Utara Sejati, adalah titik utara di mana poros rotasi Bumi bertemu permukaan.
  2. Kutub Utara Magnetik adalah titik utara di mana medan geomagnetik vertikal, yaitu dip adalah 90°.
  3. Kutub Utara Geomagnetik adalah kutub utara dari momen dipole medan geomagnetik Bumi.
  4. Kutub tidak terakses Utara adalah titik terjauh dari pesisir manapun, dan terletak di 84°03′LU 174°51′BT. Kutub sejenis terletak di Samudra Pasifik dan India.

Fakta Kutub Utara

Fakta Dan Misteri Kutub Utara

  1. Kawasan yang ditutup es di kutub utara (arktik) seluas 5.4 juta mil persegi sebenarnya merupakan lautan beku yang dikelilingi daratan yang sering disebut lingkaran Arktik (Arctic Circle). Ketebalan es di Kutub Utara bervariasi antara beberapa inci hingga 2 meter. Cukup ‘tipis’ yang seringkali memunculkan retakan-retakan es, terutama saat musim panas.
  2. Kutub Utara adalah satu-satunya tempat beruang kutub ditemukan secara alami.
  3. Sekitar 4 juta orang menghuni kawasan lingkaran Artik di beberapa kota kecil maupun kota besar seperti Barrow (Alaska, AS), Tromso (Norwegia), Muramansk dan Salekhaard (Rusia).
  4. Rata-rata suhu di Kutub Utara adalah -40 derajat C pada musim dingin, dan 0 derajat C pada musim panas.
  5. Menurut data dari USGS (United States Geological Survey), Kutub Utara menyimpan 1/4 dari cadangan minyak yang belum digali di seluruh dunia. Rusia telah mengklaim dan menandai kawasan besar di Kutub Utara dengan harapan dapat mengeksplorasi cadangan gas di Lomonosov Ridge. Apalagi ditambah dengan adanya potensi minyak bumi bawah laut yang konon menyimpan 10 miliar ton minyak. Amerika Serikat juga tak ingin ketinggalan, mereka ikut memetakan wilayah Artik mereka di wilayah Negara Bagian Alaska.
  6. Kutub Utara,  pada dasarnya adalah laut dalam yang ditutupi es, para ilmuwan mengadakan berbagai penelitian dengan cara yang sangat berbeda. Yakni dengan mengapung di atas kapal pemecah es, atau mendirikan kamp-kamp di atas lautan beku.
Itulah beberapa fakta menarik tentang kutub utara.

Misteri Kutub Utara

1. Kutub Utara adalah Titik Tengah Planet Bumi

Menurut pemahaman teori bumi datar, kutub utara adalah titik tengah dari planet bumi yang kita tinggali ini. Jika digambarkan bumi berbentuk Globe atau bola dunia maka ketika bola tersebut dikempiskan menjadi datar maka sisi kutub utara akan menjadi titik tengahnya.

2. Suara Misterius

Menurut penduduk yang menghuni wilayah kutub utara, mereka melaporkan mendengar suara-suara misterius berupa suara debuman dan gumaman aneh setelah mendapati binatang-binatang peliharaan mereka banyak yang mati. Dugaan awal, ini adalah ulah beruang kutub yang sedang marah namun setelah diselidiki lebih mendalam, ternyata bukan mereka. Dan, suara yang mereka dengar, sama sekali bukan suara beruang kutub.

3. Kutub Utara Adalah Penjara Dajjal

Misteri tentang Dajjal AL Masih, mahluk legendaris dalam kepercayaan agama samawi, yang terperangkap di kutub utara, menguatkan keberadaan suara-suara misterius tersebut. Dajjal Al Masih terperangkap di dalam kutub utara dan tidak dapat keluar hingga waktunya tiba sehingga mahluk legendaris ini mengerang, mengumam dan berdehem menunjukkan keberadaannya.

4. Misteri Lubang Misterius

Kutub Utara memiliki banyak lubang aneh yang tertutup lapisan gletser cukup tebal sehingga tidak terlihat dari luar, akan tetapi saat terjadi fenomena Global Warning yang membuat lapisan gletser di kutub utara mencair. Lubang-lubang misterius yang belum diketahui akan terlihat mengerikan.
Konon, di lubang-lubang misterius itu hidup mahluk selain manusia, berukuran kecil dan bisa berlari sangat cepat. Sosol makhluk kutub utara ini mirip manusia, namun kepalanya tampak lebih besar dan memiliki rambut berwarna coklat. Sebagian besar dari mereka yang pernah tertangkap kamera trap berjenis kelamin laki-laki.

5. Misteri Peradaban Kuno di Kutub Utara

Berdasarkan laporan para penjelajah dan peneliti dari Inggris dan Amerika, ditemukan jejak-jejak peradaban kuno di kutub utara yang terpendam di dalam lapisan es sedalam 1 km.
Efek pemanasan global yang menyebabkan menipisnya lapisan es di kutub utara membuat jejak artefak muncul termasuk beberapa patahan tulang-tulang binatang purba.

Mengutip www.isains.com, Dalam studi sejarah dan DNA, ilmuwan meyakini bahwa peradaban pernah berkembang di Arktik selama sekitar 5000 tahun lalu. Bukti arkeologis jelas menunjukkan berbagai budaya selamat dari iklim yang keras di Alaska, Kanada dan Greenland selama ribuan tahun. Tetapi ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab, dari mana mereka datang? Apakah melalui gelombang mograsi, kapan, siapa nenek moyang keturunan mereka, dan siapa sebenarnya yang disebut masyarakat suku Arktik?

6. Bunker NAZI 

Sebagai aktor utama dalam perang dunia, NAZI yang dipimpin Adolf Hitler, sudah mempersiapkan tempat-tempat rahasia guna mewujudkan ambisinya menguasai dunia. Salah satunya adalah bunker rahasia yang ditemukan sisa-sisa persenjataan membeku di kutub utara.

7. Cahaya Kutub Utara (Aurora Borealis

Misteri lainnya yang menyelimuti kutub utara adalah cahaya kutub utara. Dimana sejak terbentuknya lapisan atmosfer bumi, Cahaya Kutub Utara sudah bertebaran di angkasa.

Beberapa legenda mengatakan bahwa orang zaman dahulu sangat takut dengan cahaya ini. suku Indian Amerika percaya bahwa jika bersuit menghadap Cahaya Kutub Utara bisa mendatangkan roh halus dan bisa memerintahkan mereka melakukan sesuatu.

Fakta Dan Misteri Kutub Utara

Sedangkan penduduk Eropa Utara menyebutkan tentang keberadaan makhluk halus atau siluman yang akan membunuh orang-orang yang menertawakan Cahaya Kutub Utara. Bagi para leluhur itu, cahaya kutub yang sangat terang dan gelap adalah pertanda wabah jahat, bencana dan kematian.

Kemunculan Cahaya kutub dapat di berbagai tempat di dunia, terutama kawasan yang disebut “Sabuk Dewa Fajar” atau “Gelang Elips Dewa Fajar”. Fisikawan Swiss Herman Fritz, pada 1881 silam, dalam karyanya yang berjudul “Aurora” menuturkan, “Titik pemandangan cahaya kutub yang paling menyilaukan terletak di belahan utara sekitar 67 derajad kaki langit”.

Sementara Ilmuwan asal Norwegia, Carl  Stormer menyatakan bahwa Cahaya Kutub Utara biasanya muncul di angkasa pada Km 100-120.

Kesimpulan

Demikian pembahasan spot-misteri tentang fakta dan misteri yang menyelimuti tempat yang menjadi poros bumi bagian utara ini. Pada kenyataannya, masih terdapat banyak misteri lainnya yang masih menjadi rahasia berkaitan dengan poros bumi di utara tersebut, meskipun berbagai penelitian sudah dilakukan.

Hal ini menunjukkan betapa hebatnya Tuhan Sang Pencipta, sebagai arsitek dan sutradara kehidupan alam semesta beserta isinya. Dan, hanya sebagian kecil saja dari begitu banyaknya misteri atau rahasia yang diketahui oleh manusia dan kebenarannya hanya mutlak menjadi milikNya.

Artikel Lainnya :


Tidak ada komentar