Fakta Unik Dan Misteri Yang Menyelimuti Antartika

Fakta Unik Dan Misteri Yang Menyelimuti Antartika  - Antartika adalah nama benua yang terletak di kutub selatan dan merupakan salah satu dari lima benua terbesar di dunia. Benua yang letaknya paling terpencil dan kontradiktif. Pemandangan alamnya sangat cantik dan alami namun berbahaya karena tempat ini adalah wilayah paling dingin di bumi, paling berbadai sekaligus juga paling rapuh dan sensitif.

Antartika, yang berada di Kutub Selatan, merupakan laboratorium alami raksasa untuk mempelajari bumi dan atmosfernya dan perubahan lingkungan hidup secara global termasuk perubahan yang berhubungan dengan kegiatan manusia.

Fakta Unik Dan Misteri Yang Menyelimuti Antartika

Jika setiap jengkal tanah di bumi dikuasai oleh manusia maka Antartika adalah satu-satunya wilayah di bumi yang tidak ada pemiliknya.  Antartika adalah benua merdeka yang tidak dimiliki oleh Negara manapun di dunia dan keberadaanya termasuk sumber daya alam yang ada di dalamnya dilindungi oleh perjanjian Antartika.

Pada 1959 telah diadakan negosiasi antara dua belas negara untuk menandatangani Perjanjian Antartika yang isinya mendedikasikan benua ini untuk kegiatan penelitian perdamaian, dan hingga hari ini, perjanjian tersebut sudah ditandatangani oleh 48 negara.

Jika dilihat dari letaknya yang terpencil, memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup manusia di dunia, iklim yang ekstrim dan berbahaya serta tidak memiliki penduduk manusia maka sudah pasti, Antartika adalah tempat penuh fakta unik dan misteri alam semesta terbesar di dunia.

Baca Juga : 

Fakta  Unik Antartika

Berikut ini adalah beberapa fakta unik yang berhasil diketahui manusia dari ribuan fakta lainnya tentang benua paling terpencil di dunia.

Fakta Unik Dan Misteri Yang Menyelimuti Antartika


  1. Kutub Selatan (Antartika) adalah daratan seluas 6 juta mil persegi yang bergunung dan danau yang ditutup es, serta dikelilingi lautan.
  2. Wilayah Kutub Selatan hampir 99% ditutupi lapisan es dan glasier hingga setinggi 4.700 meter. Inilah benua yang menyimpan 85% es abadi di bumi. Jika dicairkan, seluruh es Antartika cukup untuk memenuhi tiga perempat kebutuhan air minum di muka dunia.
  3. Kutub Selatan, adalah satu-satunya tempat Penguin ditemukan secara alami. 
  4. Kutub Selatan adalah satu-satunya tempat di bumi yang tidak dimiliki oleh siapapun atau negara manapun. Kutub Selatan tidak pernah memiliki sejarah memiliki penduduk asli dan berdasarkan perjanjian Antartika, dinyatakan  tanah dan sumber daya yang ada di Kutub Selatan hanya boleh digunakan untuk tujuan perdamaian dan ilmiah. 
  5. Kutub Selatan, -60 C di musim dingin, dan 28.2 derajat C di musim panas. Suhu terendah yang pernah tercatat di bumi adalah -128 derajat Fahrenheit (-89,6 derajat Celcius), tercatat pada 21 Juli 1983 di Stasiun Vostok yang terletak dekat Geomagnetic Kutub Selatan.
  6. Kutub Selatan diperkirakan juga menyimpan minyak terutama di sekitar Laut Ross, namun kemungkinan ditambangnya sangat kecil, karena adanya Perjanjian Antartika.
  7. Antartika dijuluki "benua yang berdenyut,” kata Encyclopedia Britannica, karena setiap tahunnya terjadi penumpukan dan penyusutan garis pantai terluar yang tertutup es. Pada puncaknya, bongkahan es dapat membentuk lepas pantai sejauh 1.600 kilometer. Perluasan dan penyusutan ini terjadi enam kali lipat pada bongkahan es di Arktik, sehingga Antartika jauh lebih berpengaruh terhadap cuaca global.
  8. Terdapat lebih 60 pusat sains di Kutub Selatan yang didirikan oleh 27 negara. Di musim panas, lebih dari 4000 ilmuwan datang ke Kutub Selatan melakukan berbagai penelitian. Sedangkan, saat musim dingin, tak lebih dari 1.000 orang yang bertahan. McMurdo Station yang dikelola oleh AS mampu menampung lebih dari 1.000 ilmuwan, pengunjung, dan turis.
  9. Manusia pertama yang mencapai Kutub Selatan  adalah penjelajah asal Norwegia, Roald Amundsen, dia meninggalkan penjelajah Inggris Robert Falcon Scott di belakang dan tiba di benua ini pada 14 Desember 1911 dengan menancapkan bendera kebangsaanya di sana.
  10. Antartika memiliki seluruh zona waktu yang ada di bumi. Semua garis bujur yang kita gunakan untuk menentukan zona waktu bertemu di kedua kutub, Utara dan Selatan.
  11. Jika terdapat puluhan ribu keluarga yang tinggal di Lingkaran Arktik, yang juga menjadi rumah bagi ribuan flora dan fauna. Akan tetapi, tidak ada manusia yang menjadi penduduk asli di Antartika. Penduduk aslinya hanyalah alga, bakteri, lumut, lumut kerak, dua spesies tanaman bunga, dan segelintir spesies serangga.


Misteri Yang Menyelimuti Antartika

Selain fakta-fakta unik seperti tersebut di atas, Antartika adalah tempat yang penuh dengan misteri baik misteri kehidupan maupun misteri alam semesta. Berikut ini adalah beberapa dari misteri Antartika.

1. Antartika Memiliki Dinding Es Sangat Tebal Dan Tak Tertembus

Antartika memiliki dinding es yang melindunginya. Dinding es ini sangat tebal dan tidak dapat ditembus ditambah lagi dengan suhu udara yang teramat dingin serta badai es yang akan menerjang membuat Antartika sulit dimasuki. Dan, apa yang ada dibalik dinding es tebal kutub selatan tersebut masih merupakan misteri.

2. Antartika Memiliki Tingkat Anomali Magnetik yang Sangat Tinggi

Misteri alam semesta yang menyelimuti Antartika adalah Anomali magnetic, merupakan gangguan magnetik yang terjadi karena suatu hal yang tidak dimengerti penyebabnya. Dan, Anomali ini akan membuat seluruh benda yang bekerja dengan prinsip elektromagnetik akan kesusahan dalam menunjukkan letak kutub bumi. Seperti terjadi pada jarum kompas yang akan berputar-putar tak tentu arah.

Fenomena alam seperti ini sungguh terjadi di Antartika dan tetap menjadi misteri alam yang belum terpecahkan.

3. Seluruh Kapal dan Pesawat yang Mendekati Antartika Bakal Hilang Lenyap Tak Berbekas

Misteri alam lainnya adalah adanya kantong udara di Antartika, dimana kantong udara tersebut merupakan kondisi turbulensi di atmosfer akibat konsentrasi gas metana di dasar laut yang membumbung hingga ke atas. Fenomena ini akan membuat kapal laut atau pesawat udara yang mendekati wilayah di kutub selatan ini akan lenyap tak berbekas.

Fakta Unik Dan Misteri Yang Menyelimuti Antartika

Namun, mengapa pesawat udara dan kapal laut dari jaringan tentara internasional dapat masuk ke wilayah ini?

4. Meskipun Dapat Masuk ke Kawasan Antartika Tapi Tidak Dapat Keluar 

Salah satu cara untuk menjaga kerahasiaan dan membuat Antartika menjadi wilayah yang tetap misterius adalah dengan cara menjaga akses masuk dan keluar dari wilayah ini. Hingga, banyak cerita yang mengatakan adanya orang-orang yang berkunjung ke Antartika seperti ilmuwan, seperti ahli geologi, oceanografi, biologi, maupun astronomi yang berhasil masuk ke wilayah ini akan tetapi mereka tidak pernah keluar lagi dari tempat ini.

5. Ada Kehidupan Makhluk Aneh di Kutub Selatan

Misteri berikutnya adalah desas-desus yang mengatakan bila di Antartika hidup mahluk-mahluk aneh bukan alien maupun UFO seperti dikatakan media melainkan mahluk gaib seperti peri cahaya, malaikat dan lain-lain.

Mahluk-mahluk aneh ini tidak bersayap akan tetapi dapat terbang dan setiap kali bergerak meninggalkan cahaya berkilau berwarna perak keemasan. Sedangkan ukuran dari mahluk aneh ini bermacam-macam mulai dari yang kecil sampai besar, dan mereka berbicara sangat cepat serta menggunakan bahasa langit.

Namun karena belum terbukti kebenarannya maka masih tetap menjadi misteri tentang mahluk apa yang tinggal di wilayah terdingin di dunia ini.

6. Lingkungan Kutub Selatan Bagaikan Surga

Apakah surga itu ada di Antartika?

Konon tersiar kabar jika dibalik dinding es yang tidak dapat ditembus, tinggallah mahluk-mahluk aneh yang disebut mahluk cahaya dengan kehidupan yang jauh berbeda dengan kehidupan manusia di bumi.

Di tempat itu, matahari tampak lebih besar, namun redup. Sementara air yang jernih mengalir membentuk sungai-sungai kecil, rumput dan pepohonan tumbuh subur dan bunga-bunga bermekaran. Di antara hamparan taman keindahan itu, makhluk cahaya membangun istananya masing-masing yang terbuat dari kayu.

Gambaran kehidupan yang mirip surga atau memang demikian surge adanya, itulah yang menjadi misteri di Antartika.

7. Antartika Menjadi Ancaman Bagi Kelangsungan Hidup di Bumi

Jika memang ada kehidupan lain di Antartika, maka menurut teori konspirasi, keberadaan mahluk-mahluk aneh tersebut dapat menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup umat manusia di bumi. Mereka, penghuni Antartika,  bisa saja menyerang dan menguasai manusia.

Namun, hal itu tidak benar. Malah justru sebaliknya, manusia dengan ambisi menguasai dunia yang selalu menantang, dengan sengaja membuat percobaan nuklir di sekitar Antartika dengan tujuan  mendobrak dinding es Antartika yang tak tertembus.

Kesimpulan

Demikian beberapa fakta unik dan misteri yang menyelimuti benua terpencil di kutub selatan bumi ini. Memang masih banyak misteri lain dibalik dinginnya hawa Antartika seperti Antartika yang menyimpan harta karun, adanya kubah langit, bintang-bintang yang berada sangat dekat, adanya bangsa jin dan lain-lain.

Tidak ada komentar