8 Mitos Benda Pelancar Proses Kelahiran

8 Mitos Benda Pelancar Proses Kelahiran - Dalam kehidupan masyarakat Indonesia terutama yang jauh dari perkotaan, mempercayai adanya benda-benda yang memiliki mitos sebagai pelancar proses kelahiran. Terbukti ibu hamil yang ada di daerah tersebut jarang melahirkan di rumah sakit, biasanya dirumah dengan bantuan dukun bayi.
8 Mitos Benda Pelancar Proses Kelahiran
8 Mitos Benda Pelancar Proses Kelahiran

Proses kelahiran adalah proses perjuangan hidup-mati seorang ibu untuk melahirkan sang buah hati. Semua ibu hamil pasti mengharapkan dapat melahirkan secara normal, mudah dan lancar tanpa halangan. Sehingga keluarga atau ibu hamil sendiri berusaha mencari benda yang mitosnya dapat memperlancar proses kelahiran secara normal.

Hal ini tidak berlaku bagi para ibu yang sengaja melakukan operasi Cesar seperti beberapa artis atau ibu hamil dengan kondisi dan pertimbangan tertentu yang mengharuskan melakukan operasi Cesar.

Pada umumnya, ibu hamil menghindari operasi Cesar, vakuum dan tindakan medis lainnya untuk membantu proses melahirkan. Ditambah lagi dengan mahalnya biaya operasi, biaya obat-obatan dan biaya perawatan pasca kelahiran menyebabkan para ibu hamil mencari sarana atau solusi lain agar proses kelahirannya dapat berjalan normal.

8 Mitos Benda Pelancar Proses Kelahiran

Selain melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur ke bidan atau dokter dan menjaga kesehatan ibu dan bayi, biasanya para ibu hamil atau keluarganya mencari sarana atau benda tradisional yang mitosnya dapat memperlancar proses persalinan.

Konon  dengan menggunakan benda-benda pelancar proses kelahiran tersebut yang mudah didapat dan harganya relatif murah akan menambah keyakinan serta kepercayaan diri  dari ibu hamil dan suami saat proses melahirkan.

Berikut ini adalah 8 mitos benda yang dipercaya sebagai pelancar proses kelahiran. Spot-misteri mengumpulkannya dari berbagai sumber terutama dari orang-orang tua yang sudah memiliki pengalaman melahirkan.

1. Rumput Fatimah

Benda pelancar proses kelahiran yang pertama adalah rumput Fatimah. Rumput Fatimah adalah sejenis rumput yang berasal dari negara Arab Saudi yang dipercaya dapat memperlancar proses kelahiran. Dulu, untuk mendapatkan rumput ini harus melalui orang yang berngkat haji, namun sekarang, rumput fatimah dapat diperoleh di toko obat tradisional.

8 Mitos Benda Pelancar Proses Kelahiran

Caranya dengan merendam rumput Fatimah dalam segelas air putih sambil dibacakan doa lalu diminumkan pada ibu hamil yang akan melahirkan. Bagi beberapa orang cara ini terbukti berhasil.

2. Air Kelapa Hijau

Air kelapa hijau adalah salah satu benda pelancar proses kelahiran yang sederhana, mudah didapat karena banyak yang menjualnya dan harganya murah. Caranya dengan diminumkan kepada ibu hamil sebelum proses kelahiran berlangsung atau dioleskan pada perut sang ibu.

8 Mitos Benda Pelancar Proses Kelahiran

Penulis sendiri, pernah merasakan manfaat air kelapa hijau sebagai benda pelancar proses kehamilan saat membantu dan mendampingi istri melahirkan anak pertama di RS. Kasih Bunda, Balikpapan.

Saat itu proses melahirkan istri saya tidak berjalan normal karena bayi terlahir dengan posisi sungsang, kaki sang bayi keluar lebih dulu dan menggantung. Namun setelah kaki bayi menggantung, istri saya kelelahan sehingga proses melahirkan terhenti beberapa lama menunggu kekuatannya kembali.

Istri saya terbaring lelah dengan keringat bercucuran dan nafas memburu, tampak kerutan menahan rasa sakit di wajahnya. Tidak tega melihat pemandangan tersebut, saya keluar lalu duduk merokok di depan rumah sakit.

Saat merokok, saya melihat pedagang es kelapa berada di  depan rumah sakit. Bergegas saya membeli sebutir kelapa hijau lalu menaruh airnya di kantong plastik.

Secara sembunyi-sembunyi karena pihak rumah sakit melarang menggunakan cara-cara tradisional, saya mengoleskan air kelapa hijau tersebut ke perut istri saya sambil membaca doa sebisanya.

Alhamdulillah, 5 menit kemudian, anak saya yang berada dalam kondisi sungsang, keluar dengan normal tanpa harus operasi.

Jika ibu melahirkan dengan posisi sungsang saja berhasil maka kemungkinan ibu melhirkan normal dengan bantuan air kelapa hijau ini akan lebih besar.


3. Air Peluncur

Air Peluncur adalah air yang sudah dibacakan doa oleh ulama, orang pintar atau paranormal yang khusus untuk membantu kelancaran kelahiran.

4. Air Cucian Kaki Ibu

Jika kita merasa memiliki kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja terhadap orangtua kita terutama ibu maka sebaiknya sebelum proses melahirkan kita sempatkan mohon maaf padanya.

Kemudian basuhlah kaki ibu kita dengan air lalu minum airnya seteguk dua teguk sambil mohon doa restunya. Tidak usah ragu atau gengsi, karena kita dulu terlahir dari perut ibu kita dan kita yakin surga berada dibawah telapak kaki ibu.


5. Air Rahasia Suami

Yang satu ini terdengar jorok, namun bagi ibu hamil yang pernah berbuat salah atau menyakiti hati suaminya baik sengaja atau tidak, air rahasia suami ini terbukti ampuh memperlancar proses kelahiran.

Air rahasia suami, saya menyebutnya demikian, adalah air yang sudah dicelupin alat rahasia suami. Menurut guyonan orang-orang tua, bayi yang akan lahir penyebabnya adalah benda ini sehingga untuk memudahkan bayi lahir maka dipergunakan air rahasia suami ini.

Meskipun terdengar konyol dan sedikit menjijikkan, bagi orang yang percaya, air rahasia suami ini terbukti berhasil memperlancar proses kelahiran istrinya.

6. Tembuni Kucing

Kucing merupakan hewan yang paling pandai melahirkan anaknya sehingga tembuni kucing yang habis melahirkan dipercaya dapat membantu melancarkan proses kelahiran.

Caranya :  tembuni kucing yang sudah dikeringkan terlebih dahulu direndam dalam segelas air lalu diminum oleh ibu hamil yang akan melahirkan.

7. Minyak Kelapa

Konon dengan meminum satu-dua sendok minyak kelapa, dipercaya dapat membantu memperlancar proses kelahiran. Hal ini disebabkan sifat minyak kelapa yang licin sehingga mampu melicinkan jalannya bayi keluar.

8. Keris Pusaka

Di desa terutama di pulau Jawa ada beberapa orang yang memiliki keris pusaka yang dapat membantu kelancaran proses kelahiran.

Hanya dengan minum rendaman air keris pusaka tersebut orang yang kesulitan saat melahirkan menjadi mudah dan lancar. Namun benda ini susah didapatkan mengingat tidak semua orang memiliki keris pusaka ini.

Demikian pembahasan tentang 8 Mitos Benda Pelancar Proses Kelahiran. Hanya sekedar Mitos atau menjadi fakta tergantung bagaimana keyakinan kita. Dibalik itu semua, Tuhan Yang Maha Esa menciptakan segala sesuatu memiliki manfaat dan kegunaannya masing-masing.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar