Misteri Crop Circle – Asal, Ciri Dan Penjelasannya

Misteri Crop Circle – Asal, Ciri Dan Penjelasannya – Fenomena misteri paling sering terjadi pada jaman modern di belahan dunia ini adalah fenomena seni  yang indah disebut Crop Circle. Sejak kemunculannya pertama kali di Inggris pada tahun 1647, lingkaran ladang gandum ini  muncul lagi di tempat lain, dan  sampai sekarang belum ada jawaban pasti tentang bagaimana cara lingkaran aneh ini terbentuk serta siapa pembuatnya.

Misteri Crop Circle – Asal, Ciri Dan Penjelasannya

Crop circle atau yang lebih dikenal dengan sebutan lingkaran ladang gandum ini adalah tanda yang dibuat oleh mahluk misterius bisa manusia, mahluk UFO atau fenomena alam. Tanda itu pada awalnya berbentuk lingkaran-lengkaran sederhana saja, namun memasuki tahun 1980an  bentuk crop circle berubah menjadi pola yang rumit dan lebih indah serta tidak hanya berbentuk lingkaran.

Lingkaran ladang gandum yang memiliki ciri khas merunduknya batang-batang gandum dan muncul dalam semalam ini berkembang menjadi pola-pola yang lebih rumit dan indah dalam bentuk  citra mahkluk hidup seperti kalajengking,bunga matahari,Lebah, yin yang, ubur-ubur, capung dan lain-lain.

Fenomena ini biasanya muncul pada saat musim panas dimana tanaman yang berada di ladang sedang  tumbuh dengan subur. Tanpa diketahui siapa pelakunya, keesokan harinya pemilik lading sudah menemukan gambar crop circle ini. Jika dilihat dari bentuk gambarnya, tampak unik dan menunjukkan jika pembuatnya adalah mahluk yang cerdas dan trampil.

Para Ufolog menyatakan Jika Crop Circle ini tidak mungkin dibuat oleh manusia karena bentuknya yang unik, indah dan rumit, hanya selesai dalam waktu semalam serta tanpa diketahui oleh pemilik lading. Menurut penyeldikan yang dilakukan oleh para ilmuwan disimpulkan bahwa pembuatnya bukanlah manusia.

Sedangkan mereka yang skeptis, meyakini bila lingkaran misterius ini dibuat oleh manusia dengan tujuan mencari popularitas. Tidak dapat dipungkiri, kemunculan crop circle di suatu tempat akan meningkatkan popularitas tempat tersebut sehingga terjadilah semacam perlombaan untuk membuat lingkaran unik  di daerahnya masing-masing.

Saat ditemukan di Inggris bagian selatan, banyak yang mengkaitkan fenomena crop circle ini dengan kegiatan spiritual dari sekte-sekte tertentu karena bentuknya menyerupai symbol-simbol spiritual yang dapat ditemukan di kitab-kitab kuno.

Colin Andrew, salah satu peneliti crop circle ternama di dunia, adalah orang pertama yang mencetuskan nama Crop Circle ini. Ternyata banyak dari kita yang belum mengetahui jika crop circle tidak hanya muncul di ladang gandum saja, melainkan juga di ladang jagung, keledai, sawah dan kebun bunga.

Asal Usul Crop Circle

Asal mula Crop circle berawal pada tahun 1678, dimana pada abad tersebut, ada sebuah ukiran kayu yang disebut "Moving Devil". Dalam ukiran tersebut digambarkan iblis sedang menggambar desain oval di sebuah ladang gandum.

Dalam ukiran kayu itu, dikisahkan seorang petani yang menolak tuntutan pekerjaan sang majikan, lalu mengatakan bahwa lebih baik iblis yang mengerjakan tugasnya. Entah apakah Iblis mendengar ucapanya, maka pada malam itu juga, Ladang gandum tersebut terlihat terbakar oleh api. Dan Keesokan harinya, lingkaran misterius berbentuk oval muncul di ladang tersebut.

Misteri Crop Circle – Asal, Ciri Dan Penjelasannya

Kisah mistis inilah yang mengawali keberadaan crop circle, tentang kebenarannya belum ada konfirmasi hingga sekarang.

Sedangkan menurut vers yang lebih modern tentang keberadaan crop circle ini, dipublikasikan di majalah Nature edisi 29 Juli 1880. Dimana pada tahun itu, seorang peneliti bernama John Rand Capron melaporkan adanya tanaman-tanaman gandum yang merunduk dan membentuk lingkaran sirkular.

Popularitas Crop Circle

Popularitas Crop circle di dunia dimulai pada tahun 1980-an ketika media melaporkan banyak lingkaran misterius muncul di wilayah pedesaan Inggris, terutama di Wiltshire dan Hampshire. Hampir bersamaan dengan kemunculan lingkaran unik ini di Inggris, fenomena yang sama dilaporkan muncul di Australia dan Amerika Serikat.

Jika dikumpulkan, hingga saat ini setidaknya ada 12.000 Crop circle yang telah ditemukan di seluruh belahan dunia, seperti Inggris, Rusia, Amerika Serikat, Kanada dan bahkan Jepang.

Tanda Kemunculan Crop Circle

Sebelum lingkaran lading gandum yang unik dan indah ini muncul, beberapa saksi mata mengatakan jika kemunculannya di dahului dengan tanda-tanda aneh berikut ini.

1. Beberapa lingkaran cahaya aneh yang terbang melayang di atas ladang.



2. Terjadi badai petir yang hebat
3. Tidak berfungsinya benda-benda elektrik termasuk mobil

Teori sains yang paling populer hingga saat ini mengenai dugaan penyebab kemunculan crop circle adalah akibat medan elektromagnetik yang berasal dari petir. Akan tetapi, pola-pola yang indah , unik dan rumit mungkinkah dibuat oleh petir atau medan electromagnet yang dihasilkannya?

Hanya mahluk Tuhan yang memiliki daya cipta, kemauan dan kecerdasan tinggi yang dapat melakukannya.

Ciri-ciri Crop Circle Yang Asli

Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia juga mampu meniru atau membuat crop circle ini, namun ciri-ciri lingkaran lading gandum misterius yang asli adalah sebagai berikut.

1. Batang Gandum tidak patah

Ciri pertama dari crop circle yang asli adalah tanaman gandum tidak patah, hanya merunduk seperti sebuah sendok plastik yang dipanaskan. Menurut pendapat para peneliti, hal ini bisa terjadi karena diakibatkan oleh semburan elektromagnetik yang deras kearah tanaman gandum tersebut sehingga menambah kelembaban batang gandum dan memungkinkannya untuk merunduk tanpa patah.

Misteri Crop Circle – Asal, Ciri Dan Penjelasannya

2. Terdapat lubang-lubang kecil pada batang gandum

Ciri kedua adalah ditemukan lubang-lubang kecil di batang gandum. Para peneliti menduga bahwa lubang ini tercipta akibat adanya semburan gelombang mikro yang terus-menerus yang menyebabkan kelembaban batang gandum berubah menjadi uap panas yang kemudian mencari jalan keluar dari batang gandum.

Misteri Crop Circle – Asal, Ciri Dan Penjelasannya

3. Memiliki Pola yang rumit

Ciri ketiga dari crop circle yang asli adalah memiliki pola yang rumit. Meskipun manusia dapat membuat pola yang rumit seperti itu namun tidak dapat dilakukan dalam waktu semalam saja. Dan, lingkaran unik yang asli terkadang memiliki pola geometri yang asing bagi kebanyakan orang seperti pola Phi yang hanya berhasil dipecahkan oleh seorang ahli astrofisika.

Misteri Crop Circle – Asal, Ciri Dan Penjelasannya

4. Memiliki kandungan partikel besi mikro bermagnet

Ciri lain yang hampir mustahil ditiru oleh manusia adalah adanya kandungan Partikel Besi bermagnet yang ditemukan pertama kali oleh para peneliti dari BLT Institute. Partikel besi bermagnet tersebut memiliki diameter 10-50 mikrometer dan terdistribusi secara merata dan linear di perimeter Crop Circle. Menurut para peneliti, partikel besi ini mungkin muncul karena terciptanya kolom udara yang terionisasi (Plasma Vortex).

Misteri Crop Circle – Asal, Ciri Dan Penjelasannya

5. Terjadi Perubahan struktur Kristalin batang gandum

Ciri lainnya adalah adanya perubahan struktur Kristalin pada tanaman gandum. Karakter ini hampir dipastikan tidak dapat ditiru oleh orang lain.

6. Terjadi Perubahan komposisi kimiawi tanah

Peneliti lainnya juga menemukan pada beberapa kasus terjadi perubahan komposisi kimiawi tanah tempat terciptanya Crop circle.

7. Timbulnya medan magnet misterius di lokasi

Pada crop circle yang asli, umumnya terdapat medan magnet yang sangat kuat di dalam lingkaran formasinya. Medan magnet ini dapat mematikan peralatan elektrik. Ciri ini tidak ditemukan pada crop circle buatan manusia.

Penjelasan Crop Circle

Spekulasi-spekulasi dan asumsi orang tentang Lingkaran aneh nan misterius di ladang gandum ini adalah fenomena yang selalu menarik perhatian dan penelitian dari kalangan ilmuwan maupun orang awam, dan hingga kini belum ada kesimpulan atas sebab terjadinya fenomena tersebut,
Berikut ini adalah 3 asumsi tentang fenomena crop circle.

1. Perbuatan manusia 

Anderro, seorang ilmuwan dari Inggris, telah melakukan penyelidikan selama 17 tahun mengatakan bahwa ada sekitar 80% dari crop circle merupakan buatan manusia. Bahkan, seorang warga Inggris pernah menuturkan kepada media massa, bahwa dia dan beberapa temannya mengaku sebagai pembuat lingkaran ladang gandum di London, Inggris.

Dengan desain yang telah dipersiapkan sebelumnya, dan ketika tanaman gandum di ladang sudah hampir matang, maka dengan sebuah paku panjang ditancapkan di ladang gandum  lalu paku itu dijadikan sebagai pusatnya. Kemudian mereka membuat lingkaran lalu mengikuti desain gambar yang sudah dipersiapkan sehingga terbentuklah crop circle sesuai dengan desain mereka,

Namun,pengakuan mereka terbantahkan dengan waktu pengerjaan crop circle tersebut. Karena tidak mungkin menyelesaikan lingkaran aneh dengan desain rumit dan berukuran besar  serta indah ini pada malam hari dan hanya dilakukan dalam semalam saja.

2. Medan magnet 

Kemungkinan berikutnya masih mengikuti pendapat Anderro, namun meskipun dia bersikeras mengatakan bahwa 80% lingkaran ladang gandum itu adalah buatan manusia, dia juga yakin, bahwa kemungkinan 20% sisanya dapat terbentuk secara alami karena pengaruh efek medan magnet bumi.
Seorang ahli dalam bidang terkait asal AS yakni Jeffery Walson telah meneliti 130 lebih lingkaran ladang gandum, dan didapati bahwa 90 % disekitar lingkaran aneh tersebut terdapat transformator yang berhubungan dengan kabel tegangan tinggi.

Karena di bawah panjang garis keliling sepanjang 270 meter tersebut terdapat sebuah kolam, maka ion yang dikeluarkan tanah dari bagian dasar ladang gandum dapat menghasilkan elektrik negatif, sedangkan transformator yang dihubungkan dengan kabel tegangan tinggi menghasilkan elekrik positif. Setelah elektrik negatif dan positif bersentuhan dapat menghasilkan energi magnet listrik, selanjutnya merobohkan gandum lalu membentuk lingkaran aneh.

Akan tetapi, mereka  tidak dapat memberikan seluruh jawaban dari pertanyaan tentang bagaimana bentuk-bentuk aneh itu dapat terbentuk. Karena tidak mungkin energy medan magnet tersebut bergerak sendiri sehingga menghasilkan bentuk bunga atau kelajengking.

3.. Buatan makhluk luar angkasa atau Jin.

Kemungkinan terakhir yang lebih dianggap memberikan jawaban atas terjadinya fenomena crop circle ini adalah  mahluk luar angkasa atau Jin yang ingin menunjukkan keberadaannya di dunia melalui desain-desain dalam lingkaran aneh tersebut.

Seperti terdapat dalam artikel yang berjudul “Misteri Mahluk Pra Adam”, Jin generasi kedua atau disebut Banul Jaan, adalah mahluk yang memiliki kecerdasan dan teknologi yang canggih. Dan karena tidak dapat terlihat oleh mata manusia maka mereka disebut mahluk angkasa luar atau UFO (Unidentified Flying Object). Meskipun mereka sudah banyak yang musnah namun sebagian kecil masih hidup dan kemungkinan besar ingin menunjukkan keberadaannya.

Karena, Selain Tuhan YME, hanya mereka yang mampu membuat lingkaran besar dan aneh di ladang gandum di berbagai belahan dunia dalam waktu hanya satu malam. Menurut fotografer Alexander yang Sejak 1990 mengabadikan fenomena ini, mengatakan, jika dia melihat cahaya yang ganjil di ladang gandum, cahaya itu terbang kesana-kemari di antara kedua lingkaran aneh.

Kesimpulan

Demikian pembahasan spot-misteri tentang misteri dibalik crop circle yang sampai sekarang belum terungkap siapa pelakunya dan apa tujuannya.

Salam Misteri.

(enigmablogger.com)

Artikel Lainnya :


Tidak ada komentar