Benarkah Ketok Magic Menggunakan Sihir?

Benarkah Ketok Magic Menggunakan Sihir? - Pada era tahun 80-90an, di Jakarta, pernah terkenal nama bengkel mobil yang mampu memperbaiki kerusakan mobil dengan cepat dan hasilnya sangat memuaskan dengan cara  misterius yaitu bengkel Ketok Magic.

Karena itu bengkel Ketok Magic menjadi terkenal dan membuka cabang di mana-mana termasuk salah satunya di kota Balikpapan. Sebentar saja, bengkel itu menjadi ramai, karena banyak orang yang ingin membuktikan kebenarannya.

Benarkah Ketok Magic Menggunakan Sihir?

Caranya yang unik dan mengandung misteri serta hasilnya yang rapi dan cepat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat kota minyak.

Namun semakin lama hasilnya menjadi berkurang kualitasnya sejak ada seorang teknisi andalannya pergi. Lalu beberapa bulan kemudian bengkel itu tutup karena sudah tidak ada orang yang datang lagi untuk memperbaiki mobilnya di bengkel itu.

Kabar yang santer terdengar bahwa teknisi andalan yang bernama Imam, yang memiliki keahlian ketok magic, keluar meninggalkan bengkel ini. Penyebab kepergiannya adalah pembagian jatah gaji dan komisi yang tidak sesuai dengan perjanjian di antara mereka.

Konon, keahlian Imam memperbaiki kerusakan mobil dengan cara yang cepat dan hasil memuaskan itu karena ia menggunakan sihir atau magic.

Tapi, apakah benar bengkel Ketok Magic menggunakan sihir atau magic?

Sejarah Ketok Magic

Sebelum dikenal dengan nama Ketok Magic, di daerah asalnya yaitu di Blitar, Jawa Timur, bengkel yang misterius ini bernama ‘Kenteng Teter’. Kenteng teter sebagai suatu keahliah khusus memperbaiki mobil-mobil yang penyok ini ditemukan oleh seorang kakek yang bernama Mbah Tutur, seorang tukang patri keliling di Surabaya, Jawa Timur.

Suatu ketika ada tetangga Mbah Tutur yang mobilnya rusak parah karena ditabrak truk Fuso lalu minta tolong kepada Mbah Tutur untuk memperbaikinya. Awalnya Mbah Tutur menolak, namun tetangganya terus memaksa sehingga Mbah Tutur minta ditinggalkan sendiri dalam garasi yang tertutup dan mobilnya ditutupi dengan kain terpal. Tidak butuh waktu yang lama mobil itu selesai diperbaiki dengan hasil yang sangat memuaskan.

Keahlian Mbah tutur akhirnya menyebar dari mulut ke mulut sehingga ia mempunyai banyak pelanggan. Lama kelamaan banyak orang yang mencari Mbah Tutur untuk memperbaiki mobilnya atau untuk belajar ilmu kenteng teter yang dimilikinya sehingga ia memiliki banyak murid yang kemudian membuka bengkel di berbagai daerah diluar kota Blitar.

Ketok Magic Sebagai Trik Marketing

Pada tahun 80an, murid-murid Mbah Tutur membuka bengkel di Jakarta, saat bengkelnya diberi nama ‘Kenteng Teter’, banyak orang yang tidak tahu artinya sehingga mereka mencari nama yang popular dan menjual, lalu digunakan nama “Ketok Magic”.

Isu bengkel “Ketok Magic” menggunakan sihir itu memang sengaja dihembuskan sebagai trik marketing agar bengkel tersebut menjadi ramai. Para pelanggan percaya karena cara perbaikan pada bengkel itu terlihat misterius.
  1. Mobil ditutup dengan kain putih atau kain terpal
  2. Saat pengerjaan tidak boleh dilihat orang luar termasuk pelanggan.

Sehingga orang-orang percaya jika cara memperbaiki mobil di bengkel ini memang menggunakan cara-cara mistis. Padahal pada kenyataannya tidak jauh berbeda dengan bengkel-bengkel lain pada umumnya namun alat-alatnya dibungkus dengan kain sehingga bunyi suara peralatan tidak begitu terdengar.

Ketok Magic Yang Menggunakan ‘Magic’

Menurut penuturan Imam, teknisi andalan bengkel Ketok Magic yang berasal dari Blitar, tempat asal dari bengkel ketok magic ini, mengatakan,

Bengkel Ketok Magic yang asli memang menggunakan magic berupa bantuan mahluk gaib yang memiliki keahlian memperbaiki mobil.

Kemudian Imam bercerita jika dulunya ia pernah hilang saat berada di Pantai Jolosutero, Blitar, yang merupakan bagian dari pantai selatan.

Begini ceritanya.

Setelah lulus SMP, Imam tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi karena keterbatasan ekonomi orangtuanya. Sehingga ia berniat mencari pekerjaan untuk membantu orangtuanya.

Namun karena tidak memiliki keahlian akhirnya ia tidak dapat memperoleh pekerjaan yang tepat untuknya, akhirnya ia membantu pamannya mengelolah sebuah bengkel motor kecil di kota Blitar. Ditempat ini, kemampuannya di bidang otomotif yang memang menjadi minatnya, mulai terasah.

Ketika nama Mbah Tutur terkenal di Blitar, Imam ikut berguru kepadanya. Karena merasa belum mempunyai keahlian yang mantap lalu ia mencoba menjalankan laku tirakat bersama tiga orang temannya, di pantai Jalasutera dengan tujuan mendapatkan ilmu perbengkelan yang hebat.

Namun dari tujuh hari yang direncanakan mereka untuk melakukan tirakat, pada hari ketiga Imam hilang sehingga teman-temannya mencarinya. Karena tidak ketemu akhirnya mereka lapor Polisi. Polisi di bantu oleh masyarakat setempat berusaha mencari keberadaan Imam, setelah seminggu mencari akhirnya Imam dinyatakan hilang.

Tiga tahun kemudian Imam kembali ke kampungnya sehingga membuat gempar keluarga dan tetangganya. Menurut penuturannya, saat menjalankan tirakat, ia dijemput oleh rombongan wanita cantik yang membawanya ke sebuah istana lalu dihadapkan pada pemimpinnya. Kepada sang Ratu, Imam mengutarakan keinginannya untuk memiliki keahlian memperbaiki mobil yang rusak. Ratu berkenan lalu menyuruh Imam belajar di sebuah bengkel kerajaan. Di situ Imam belajar cara-cara memperbaiki mobil selama tiga bulan lamanya.

Baca Juga : 8 Wanita Penguasa Kerajaan Gaib Di Indonesia

Setelah tiga bulan di alam gaib, Imam dikembalikan lagi ke tempatnya semula, di pantai Jalasutera. Ternyata 3 bulan di alam gaib adalah 3 tahun di alam manusia sehingga keluarga dan sanak saudaranya sudah menganggapnya hilang ditelan ombak Pantai selatan.

Setelah kejadian itu, Imam merantau ke Balikpapan untuk membuka bengkel Ketok Magic bersama temannya yang memiliki modal. Menurut cerita teman-temannya di bengkel, saat memperbaiki kerusakan mobil yang parah, Imam minta ditinggal sendirian dan mobilnya ditutup dengan kain putih. Imam diam seperti membaca mantra lalu berteriak “Maak ...” sambil memukul mobil tersebut tiga kali.

Ajaib, setelah tutup mobil dibuka, mobil itu kembali mulus seperti semula.

Demikian ulasan spot-misteri tentang Benarkah Ketok Magic Menggunakan Sihir? Memang sering terdengar orang-orang yang hilang saat berada di pantai selatan, saat kembali ke alam manusia, mereka memiliki kelebihan dan kesaktian. Mungkin saja, Imam adalah salah satunya. Tentang kebenarannya kembali kepada diri kita masing-masing.

Semoga bermanfaat.







Tidak ada komentar