5 Rumah Hantu Paling Terkenal Di Indonesia

5 Rumah Hantu Paling Terkenal Di Indonesia – Sebenarnya banyak rumah berhantu yang tersebar di seluruh Indonesia namun yang sudah terkenal dan sudah dibuatkan filmnya tercatat ada 5 rumah hantu. Ketenaran rumah hantu tersebut menyebar dari mulut ke mulut ditambahi dengan bumbu-bumbu sehingga lebih terkesan seram dan menakutkan.

Pada dasarnya kehidupan manusia dan mahluk gaib hidup berdampingan hanya berbeda dimensi ruang dan waktu saja sehingga interaksi keduanya memungkinkan untuk sering terjadi. Namun, mahluk gaib bisa melihat manusia akan tetapi manusia tidak dapat melihat mereka, hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki kelebihan mampu melihat dan menembus alam gaib.

5 Rumah Hantu Paling Terkenal Di Indonesia

Setiap rumah selalu ada penghuni gaibnya baik jin maupun arwah-arwah penasaran yang terperangkap di dalam rumah itu. Dan, mereka lebih dahulu tinggal disana apalagi rumah kosong yang sudah lama tidak dihuni manusia sehingga mengundang mahluk-mahluk gaib datang untuk menempatinya.

Keberadaan mahluk gaib di dalam rumah tidak selamanya mengganggu manusia kecuali bila mereka diganggu lebih dahulu, apalagi bila kita mau menyadari keberadaannya sehingga akan tercipta hubungan bertetangga yang saling menghargai dan menghormati sesama mahluk Tuhan.

Berbeda hal apabila mahluk gaib yang tinggal di rumah itu memang nakal atau iseng atau memiliki dendam karena kematiannya yang tidak wajar sehingga cenderung mengganggu manusia yang tinggal di dalamnya seperti rumah-rumah hantu berikut ini.

Baca Juga :

5 Rumah Hantu Terkenal Di Indonesia


1. Rumah Pondok Indah

Rumah Hantu terkenal pertama adalah rumah hantu di kota Jakarta yaitu Rumah Hantu Pondok Indah. Rumah ini berada di pinggir jalan dekat dengan bundaran Pondok Indah menuju Kebayoran, sebenarnya sudah digusur sejak tahun 2008  yang lalu dan sekarang hanya tinggal kebun dengan semak belukar yang tak terurus saja. Karena terkenal, sehingga mudah mencari rumah yamg konon berhantu ini.

5 Rumah Hantu Paling Terkenal Di Indonesia

Penyebab rumah ini berhantu adalah satu keluarga beserta pembantunya yang tinggal di rumah ini dibunuh oleh sekawanan perampok sehingga semuanya meninggal dengan cara mengenaskan. Selang beberapa hari kemudian, mulai muncul kejadian-kejadian aneh dan menakutkan. Semakin lama dikosongkan rumah Pondok Indah ini menjadi semakin angker.

Banyak cerita yang beredar di masyarakat khususnya orang-orang yang pernah mendapat gangguan dari hantu penghuni rumah mewah ini seperti sopir taksi, penjual nasi goreng  dan orang-orang yang melewati rumah ini. Karena keangkeran rumah ini membuat produser tertarik untuk memfilmkannya sehingga muncullah film tentang Rumah Pondok Indah ini.

2. Rumah Kentang Prapanca


Masih di Jakarta, rumah hantu berikutnya yang terkenal adalah Rumah Kentang Prapanca, tepatnya berada di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Rumah ini cukup terkenal apalagi setelah filmnya tayang sehingga anda dapat dengan mudah menemukannya.

5 Rumah Hantu Paling Terkenal Di Indonesia

Penyebab munculnya hantu di rumah ini berawal dari kejadian tragis yang menimpa seorang anak kecil. Bocah kecil itu jatuh dalam kuali panas yang berisi kentang lalu meninggal dengan wajah mengerikan, kemudian arwahnya gentayangan menghantui orang-orang yang berada di lokasi rumah tersebut.


3. Rumah Ambulans

Dari Jakarta, kita bergeser ke kota Kembang, Bandung. Sebuah rumah tua peninggalan Belanda yang berada di Jalan Bahureksa, Bandung, dikenal masyarakat sebagai rumah berhantu paling mengerikan di kota Kembang.

Penyebab keangkeran rumah ini adalah ambulans yang berada di rumah itu. Dulunya, sering mengangkut banyak orang yang meninggal dunia sehingga sebagian arwah-arwah tersebut bergentayangan mengganggu orang lain. Pada malam hari, sering terdengar suara-suara aneh dari mobil ambulans yang terparkir di halaman rumah itu.

5 Rumah Hantu Paling Terkenal Di Indonesia
Sumber Gambar : Blogger Bandung
Meskipun sekarang rumah ini sudah berubah menjadi distro, namun pada malan hari, suasana tempat ini masih mencengkam.

4. Rumah Darmo

Dari Bandung bergeser ke kota Pahlawan, Surabaya. Tepatnya, di jalan Permai 2 no. 26, Surabaya, terdapat sebuah rumah yang dikenal paling berhantu yaitu rumah Darmo. Penyebab keangkeran rumah ini adalah adanya ritual pesugihan yang dilakukan oleh pemilik rumah terdahulu.

5 Rumah Hantu Paling Terkenal Di Indonesia

Di rumah hantu Darmo ini, sering terlihat penampakan hantu wanita dan juga sering terdengar suara auman harimau dari dalam rumah.

5. Wisma Erni

Bergeser dari Surabaya, kita menuju kota apel, Malang. Di pinggiran jalan propinsi jalur Surabaya – Malang, tepatnya di atas pasar Lawang, terdapat sebuah bangunan megah berdiri di atas bukit yang sampai sekarang masih berdiri kokoh meskipun sudah tidak terawat lagi yang disebut wisma Erni.

5 Rumah Hantu Paling Terkenal Di Indonesia
Sumber Gambar : Merdeka.com
Dulu, rumah ini adalah salah satu rumah mewah di kota Malang, namun saat penghuninya yang bernama Erni meninggal, rumah ini dibiarkan kosong oleh pemiliknya. Masyarakat sekitar, pada malam hari, sering melihat sosok hantu wanita berdiri di balkon rumah. Tepat di belakang wisma ini adalah sebuah kuburan sehingga semaki melengkapi keangkeran wisma Erni ini.


Kesimpulan

Keberadaan mahluk gaib seperti hantu dan jin tidak dapat dipungkiri karena mereka hidup berdampingan dengan manusia sehingga dapat kita maklumi apabila mereka menampakkan diri atau menganggu kehidupan manusia, Atau sebaliknya, manusia yang mengusik keberadaan mereka.

Hantu atau mahluk gaib lainnya dapat tinggal dimana saja tidak terkecuali di rumah kita sendiri oleh karena itu, kita harus lebih mempertebal keimanan kita terhadap Tuhan YME dan menanamkan sikap mental bahwa manusia lebih sempurna daripada mereka dan memandang mereka sebagai sesame mahluk Tuhan yang tidak perlu ditakuti.

Demikian pembahasan spot-misteri tentang 5 Rumah Hantu Paling Terkenal Di Indonesia.

Artikel Lainnya :


Tidak ada komentar